JULIA PEREZ MENINGGAL: Jangan Patah Semangat, Penderita Kanker Serviks Bisa Hidup Normal!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 11 Juni 2017 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 11 481 1713176 julia-perez-meninggal-jangan-patah-semangat-penderita-kanker-serviks-bisa-hidup-normal-vg6cO42hxb.jpg Wanita periksa ke dokter (Foto: Netdocor)

JULIA Perez menjadi bukti bahwa mereka yang memiliki kanker serviks tetap bisa hidup lama walau memang risiko kematian menghantui. Tetap memiliki pikiran untuk semangat hidup dan berjuang melawan penyakit, menjadi dasar untuk Anda bisa tetap hidup sehat.  

Namun, tak bisa dipungkiri, mereka yang memiliki kanker serviks tidak bisa melakukan aktivitas berat lagi. Mejaga agar tubuh tidak kelelahan juga perlu diperhatikan bagi penderita. Khusus mereka yang sudah melakukan operasi, pemulihan biasanya berlangusng selama 6 sampai 12 minggu. Pada momen itu, 3 sampai 8 minggu setelah operasi, Anda dilarang untuk mengemudi.

 

Dilansir dari NHS Inform, Minggu (11/6/2017) ada hal lain yang perlu diperhatikan bagi penderita kanker serviks. Berikut paparannya

Terkait Pekerjaan

Memiliki kanker serviks tidak berarti Anda harus berhenti bekerja, meski mungkin Anda memerlukan cukup banyak waktu istirahat. Selama perawatan, Anda mungkin tidak dapat melakukan apa yang Anda lakukan sebelumnya.

Jika Anda menderita kanker, Anda dilindungi oleh Undang-Undang Diskriminasi Cacat. Ini berarti bahwa atasan Anda tidak diizinkan untuk melakukan diskriminasi terhadap Anda karena penyakit Anda. Mereka memiliki kewajiban untuk membuat "penyesuaian yang wajar" untuk membantu Anda mengatasinya. Contohnya meliputi:

- Memungkinkan Anda untuk perawatan dan janji medis

- Memungkinkan fleksibilitas dengan jam kerja, tugas yang harus Anda lakukan, atau lingkungan kerja Anda

Anda harus memberi informasi sebanyak mungkin kepada atasan Anda tentang berapa banyak waktu yang Anda perlukan. Berbicaralah kepada anggota departemen sumber daya manusia Anda, jika Anda memiliki penyakit tersebut. Perwakilan serikat pekerja atau perwakilan staf Anda juga dapat memberi saran kepada Anda.

Uang dan Tunjangan

Jika Anda harus mengurangi atau menghentikan pekerjaan karena kanker, Anda mungkin sulit untuk mengatasi masalah finansial. Anda bisa meminta untuk berbicara dengan pekerja sosial di rumah sakit yang bisa memberi Anda informasi yang Anda butuhkan. Mengikuti asuransi kesehatan atau BPJS yang disediakan pemerintah juga bisa menjadi jalan alternatif yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir masalah finansial tersebut.

Urusan Ranjang

Banyak perempuan yang merasa gugup saat berhubungan seks setelah perawatan kanker serviks. Tapi, nyatanya, Anda telah aman. Seks tidak akan membuat kanker kembali muncul dan pasangan tidak akan tertular kanker karena berhubungan seks dengan Anda. Waktu yang paling memungkinkan untuk kembali melakukan hubungan intim setelah perawatan adalah tiga minggu.

Jika Anda melakukan kemoterapi, pasangan Anda harus menggunkan kondom saat berhubungan seks. Beberapa perempuan juga merasakan hal tidak enak setelah perawatan dan operasi kanker serviks. Efek yang biasanya dirasakan adalah keringnya vagina dan penyempitan vagina.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini