JULIA PEREZ MENINGGAL: Ini Komplikasi Kanker Serviks yang Sering Terjadi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 11 Juni 2017 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 11 481 1713216 julia-perez-meninggal-ini-komplikasi-kanker-serviks-yang-sering-terjadi-2SvFyAmarT.jpg Ilustrasi wanita sakit (Foto: Today)

MENINGGALNYA Julia Perez menjadi momentum setiap perempuan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, khususnya alat kelamin. Mereka yang sudah melakukan aktivitas seks secara rutin memiliki risiko terbentuknya kanker bila tidak tidak menjaga kebersihan alat kelaminnya.

Kanker serviks menjadi ancaman nyata bagi setiap perempuan. Penyakit ini bisa dicegah sejak dini dengan pemberian vaksin HPV. Namun, bagi mereka yang sudah memiliki kanker serviks di tubuhnya, terus melawan virus dengan pola hidup yang sehat dan mengikuti seluruh prosedur medis adalah satu-satunya cara.

Lalu, apakah kanker ini berisiko komplikasi? Prof dr Andrijono SpOG (K) menjawab bisa. Komplikasi yang biasanya dirasakan penderita kanker serviks berkaitan dengan vaginanya. ’’Komplikasi mulai terasa bila pasien sudah masuk pada fase kanker stadium 3 dan terus semakin parah sampai stadium 4,’’ ungkapnya saat dihubungi Okezone, Minggu (11/6/2017).

Terkait dengan komplikasi, dr Andrijono memaparkan yang paling sering adalah saluran kencing tersumbat. Alhasil pasien mengalami susah buang air kecil. Kemudian, sakit berlebihan di bagian panggul. Kondisi komplikasi semakin parah dengan penyebaran kanker ke daerah tulang. ’’Ini sakitnya luar biasa. Bahkan, dengan morvin sekali pun tidak dapat meredakan rasa sakit,’’ sambung dia.

Kondisi komplikasi ini akan sering dirasakan pasien. Tidak ada cara lain untuk meredakan selain merasakannya. Komplikasi pun terjadi pada bagian vagina itu sendiri. Salah satunya adalah munculnya lubang pada area antara dubur dan vagina. Munculnya lubang itu menyebabkan kotorasn yang seharusnya keluar lewat dubur, bisa saja keluar lewat vagina.

Kondisi lainnya adalah vagina selalu basah dan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap. Bau busuk. ’’Itu karena vagina selalu mengeluarkan cairan yang menyebabkan vagina lembab dan bau pun keluar dari area tersebut,’’ tambahnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini