Wow, Kubah Asmaul Husna Ini Berlapis 20 Kg Cokelat!

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 12 Juni 2017 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 12 298 1714161 wow-kubah-asmaul-husna-ini-berlapis-20-kg-cokelat-VMEPRw3LFk.jpg Kubah Asmaul Husna berlapis 20 kilogram cokelat (Foto:Taufik/Okezone)

SEBUAH hotel di Semarang, Jawa Tengah menghabiskan 20 kilogram cokelat untuk membuat kubah Asmaul Husna. Kubah berbentul oval itu diletakkan di lobi hotel sehingga menarik perhatian pengunjung untuk berswa foto.

Tak hanya bentuknya yang artistik, tetapi kubah tersebut juga memunculkan aroma khas cokelat hingga memenuhi seluruh ruangan. Ornamen itu semakin terlihat cantik ketika lampu di sudut depan menyorot hingga puncak kubah yang diberi hiasan bulan sabit.

Executive Chef hotel ini, Andi Nuraji, mengatakan, bagian rangka kubah setinggi 1,5 meter dan diameter 90 sentimeter itu menggunakan sterofoam kemudian dilapisi cokelat putih. Sementara seluruh tulisan Arab berupa 99 Asmaul Husna yang mengelilingi kubah dilapisi cokelat hitam.

"Bagian tersulit membuat kubah adalah proses melapisi cokelat pada seluruh tulisan Arab. Asmaul Husna ini tulisannya kecil-kecil mengelilingi kubah, jadi harus sangat teliti," ujar Andi, Sabtu (10/6/2017).

Dia dibantu beberapa chef membutuhkan waktu sekira satu pekan untuk menyelesaikan pembuatan kubah. Agar cokelat tak mudah meleleh, suhu dalam ruang lobi dijaga antara 13-15 derajat Celsius. Meski demikian, sampai saat ini tetap sejumlah chef secara bergantian melakukan perawatan untuk mempertebal lapisan cokelat.

"Tadi awal masuk hotel langsung kecium bau cokelat. Penasaran saja, lalu melihat ada kubah di lobi bentuknya unik, bagus. Makanya tadi sempat foto-foto sama temen," ujar seorang tamu hotel, Dina Fitriana.

Dia mengaku mengetahui kubah Asmaul Husna itu dari media sosial. Gadis cantik itu pun mengapresiasi pihak hotel yang memiliki ide membuat bangunan kubah untuk menyambut Bulan Suci Ramadan. "Kabarnya kubah ini akan tetap terpasang hingga H+4 lebaran," tukasnya sambil tersenyum manis untuk berselfie.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini