nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Sekolah Bawa Ransel Berat Berdampak pada Tulang Punggungnya

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 12 481 1713704 anak-sekolah-bawa-ransel-berat-berdampak-pada-tulang-punggungnya-90V5bbbVQ9.JPG Ilustrasi (Foto: Hindustantimes)

UNTUK membawa barang bawaannya ke sekolah, anak-anak terkadang menggunakan tas punggung dengan beban berat. Jangan biarkan Moms, kebiasaan buruk ini bisa memicu bahaya bagi mereka.

Pakar Kesehatan Satnam Singh Chhabra mengatakan, lebih dari 60% anak sekolah membawa ransel berat setiap hari. Padahal dampak buruknya dapat mengganggu bagian tulang punggungnya.

Tidak hanya menderita tulang punggung, anak-anak juga rentan mengalami masalah otot, sakit leher dan juga postur tubuh yang membungkuk. Karena hingga usia 18 tahun, sebenarnya bagian tubuhnya terus berkembang.

"Tulang belakang bisa bersandar ke sisi yang berlawanan, punggungnya bisa menekan, otot kejang dan nyeri punggung," kata Satnam, dilansir Thehealthsite, Selasa (13/6/2017).

Dia melanjutkan, ransel yang berat juga akan memberi tekanan pada otot leher. Sehingga, anak-anak rentan mengalami sakit kepala, nyeri bahu, nyeri punggung bagian bawah dan leher dan nyeri lengan.

Karena itu, pria yang juga menjabat sebagai Direktur Departemen Neuro Spine di Rumah Sakit Sir Gangga Ram menganjurkan orangtua agar anaknya membawa barang seperlunya ke sekolah. Begitu juga dengan sang guru, jangan menuntut anak-anak untuk membawa banyak jenis buku pelajaran.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini