nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JELAJAH ISLAM: Jamiul Alfar, Masjid Merah-Putih di Sri Lanka yang Memukau

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 05:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 13 406 1715199 jelajah-islam-jamiul-alfar-masjid-merah-putih-di-sri-lanka-yang-memukau-okcmGPcc6F.JPG Masjid Jamiul Alfar, Sri Lanka (foto: Instagram/@aalleexis)

SRI Lanka tidak disangka-sangka memiliki masjid yang mencolok. Berwarna merah dan putih, Masjid Jamiul Alfar menarik pengunjung untuk mendekat dan salat di dalamnya.

Masjid menggunakan arsitektur Indi-Saracenic dengan kubahnya berbentuk seperti buah delima. Eksterior masjid terlihat sangat mencolok di antara masjid-masjid di negara lain yang biasanya berwarna netral, pemilihan dua warna yang diseling tersebut terkesan berani untuk warna masjid. Tapi, kedua warna ini justru menambah keunikan.

Sayangnya, interior pada ruang salat tidak terlalu berkesan. Dengan nuansa putih dan emas, lampu gantung berukuran sedang, dan beberapa kipas angin, jamaah bisa salat dengan nyaman.

Dibangun pada abad ke-19, Masjid Jamiul Alfar memenuhi kebutuhan umat Islam Sri Lanka akan rumah ibadah bagi penduduk yang beragama Islam. Masjid in bisa menampung jamaah hingga 5.000 orang. Pada hari kerja, masjid hanya dipenuhi jamaah sebanyak 2.000 orang, sedangkan sebanyak 3.000 orang jamaah datang pada Ramadan, dikutip dari Timeout, Rabu (14/6/2017).

Pengunjung atau wisatawan bisa datang berkunjung ke masjid pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang. Disarankan untuk mengenakan pakaian muslim dan muslimah ketika datang berkunjung. Saat Jumat wanita tidak diperkanankan untuk datang berkunjung karena ada pelaksanaan salat Jumat.

Tertarik untuk mengunjungi masjid unik dengan warna merah-putih ini? Datanglah ke Jalan Second Cross No. 228, Colombo 11 Sri Lanka.

(fid)

Berita Terkait

Muslim Travel

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini