Image

JELAJAH ISLAM: Keajaiban Danau Labuan Cermin Ternyata Sudah Dijelaskan dalam Alquran

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017, 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 13 406 1715205 jelajah-islam-keajaiban-danau-labuan-cermin-ternyata-sudah-dijelaskan-dalam-alquran-TS0LuH2DRo.JPG Danau Labuan Cermin, Kawasan Kepulauan Derawan (foto: Instagram/@deapratamiaharahap)

LIBURAN di Kepulauan Derawan, maka wisatawan harus pula menjelajahi Danau Labuan Cermin. Penasaran, mengapa sangat direkomendasikan mengunjungi danau ini?

Tidak seperti telaga pada umumnya, yang hanya sekadar indah, Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, sehingga banyak foto danau yang beredar di media sosial dianggap foto editan, karena perahu yang berada di atas permukaan danau seperti melayang.

Dinamai Labuan Cermin, karena danau memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Oleh karena begitu jernih air danau, akar-akar pohon, binatang-binatang air dan tumbuhan-tumbuhan yang ada di dasar danau terlihat sangat jelas hingga danau terkesan dangkal. Padahal danau memiliki kedalaman mencapai 4 hingga 5 meter.

Namun, tidak cukup sampai di situ. Danau yang berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur ini masih menyimpan satu keajaiban lagi. Bila kebanyakan air danau hanya terasa tawar, maka di Danau Labuan Cermin, wisatawan akan mengecap dan merasakan dua jenis rasa air, yaitu tawar dan asin.

Wisatawan akan merasakan air asin di permukaan danau, dan merasakan air tawar saat berada di dasar danau. Uniknya, dua rasa air ini sama sekali tidak tercampur, dan tetap dengan ciri rasa masing-masing. Hal ini mengingatkan kita pada Surah Al-Furqan ayat 53 yang berbunyi:

ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู…ูŽุฑูŽุฌูŽ ุงู„ู’ุจูŽุญู’ุฑูŽูŠู’ู†ู ู‡ูŽูฐุฐูŽุง ุนูŽุฐู’ุจูŒ ููุฑูŽุงุชูŒ ูˆูŽู‡ูŽูฐุฐูŽุง ู…ูู„ู’ุญูŒ ุฃูุฌูŽุงุฌูŒ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ูŽุง ุจูŽุฑู’ุฒูŽุฎู‹ุง ูˆูŽุญูุฌู’ุฑู‹ุง ู…ูŽุญู’ุฌููˆุฑู‹ุง

Artinya:

โ€œDan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.โ€

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini