Ini Alasan Mengapa Olahraga Angkat Beban Baik bagi Tubuh

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 13 481 1714524 ini-alasan-mengapa-olahraga-angkat-beban-baik-bagi-tubuh-hFBjhcX4y3.jpg Ilustrasi (Foto: Menfitness)

APA yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar kata “angkat beban”? Mungkin sebagian orang langsung teringat pada binaragawan yang memiliki otot besar sedang mengangkat beban hingga ratusan kilo.

Tak jarang yang menganggap bahwa angkat beban adalah olahraga yang hanya dilakukan oleh para atlet. Hal itu dibantah oleh para ahli. Mereka mengatakan bahwa latihan angkat beban bagus untuk kesehatan dan ketahanan fisik. Ilmu olahraga modern menunjukkan bahwa mengangkat beban bisa menjadi latihan terbaik untuk menjaga fisik yang kebugaran seumur hidup.

“Bagi saya, angkat beban adalah bentuk pelatihan terpenting untuk kesehatan,” ujar Brad Schoenfeld, asisten profesor ilmu olahraga di Lehman College, New York City seperti yang dilansir dari Time, Selasa (13/6/2017).

Selama 10 terakhir, Schoenfeld telah menerbitkan lebih dari 30 makalah akademis mengenai aspek pelatihan ketahanan. Dari sana, dia melihat banyak orang berpikir bahwa latihan angkat beban hanya berguna untuk menambah ukuran dan kekuatan otot.

Tapi Schoenfeld mengatakan sebenarnya “beban” memberikan pelatihan pada tulang dan otot pendukungnya, tendon, serta ligamen. “Kami berbicara tentang resorpsi tulang yang merupakan penurunan jaringan tulang dari waktu ke waktu," katanya.

Bila Anda masih muda, kemungkinan resorpsi tulang masih seimbang dan dalam beberapa kasus terlampaui oleh pembentukan jaringan tulang baru. Tapi di kemudian hari, kehilangan jaringan tulang bisa mempercepat penciptaan tulang baru. Akselerasi itu sangat terasa di kalangan orang-orang yang tidak beraktivitas dan wanita yang telah mencapai atau melewati masa menopause. Hilangnya jaringan tulang bisa menyebabkan kelemahan dan masalah postural.

“Latihan angkat beban bisa melawan semua kerugian yang kemungkinan dialami oleh tulang dan defisit postural,” tambah Schoenfeld.

Melalui proses remodeling tulang, latihan angkat beban merangsang perkembangan osteoblas tulang. Meskipun Anda dapat mencapai beberapa manfaat tulang melalui latihan aerobik, latihan angkat beban merupakan cara terbaik untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan tulang pada tubuh secara maksimal.

Penelitian lebih lanjut menghubungkan latihan angkat bebas dengan peningkatan sensitivitas insulin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan bahwa sesi latihan dua kali seminggu membantu mengendalikan ayunan insulin dan berat badan untuk pria usia lanjut yang menderita diabetes tipe-2.

"Otot secara aktif menggunakan glukosa untuk metabolisme energi," kata Mark Peterson, asisten profesor kedokteran fisik di University of Michigan.

Selama latihan, otot dengan cepat menggunakan glukosa sehingga konsumsi energi terus berlanjut, bahkan setelah selesai berolahraga. Bukan hanya bagi penderita tekanan darah tinggi, latihan angkat beban merupakan salah satu cara pengobatan yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol, kata Peterson.

Latihan angkat beban juga tampaknya menjadi obat penawar ampuh untuk resiko utama penyakit jantung dan kondisi lainnya. Studi lain dari Mayo Clinic menemukan bahwa ketika wanita dengan berat badan berlebih melakukan latihan dua kali seminggu, mereka mengalami penurunan yang signifikan.

Penelitian lebih lanjut menghubungkan latihan angkat beban dengan fokus dan fungsi kognitif yang lebih baik. Beberapa penelitian terbaru menemukan hasil mengejutkan, ternyata mengangkat beban yang beratnya ringan juga membawa sejumlah keuntungan.

"Mungkin banyak yang berpikir bahwa untuk membentuk otot harus menggunakan beban yang berat. Tapi ternyata tidak. Mengangkat beban ringan pun memberikan sejumlah keuntungan. Tidak bergantung pada seberapa besar beban yang bisa diangkat. Dengan begitu orang tua atau orang-orang lanjut usia tetap bisa melakukan latihan angkat beban," pungkas Schoenfeld.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini