nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Nasi, Makanan-Makanan ini Juga Tidak Boleh Dihangatkan Kembali!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 10:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 13 481 1714527 selain-nasi-makanan-makanan-ini-juga-tidak-boleh-dihangatkan-kembali-O2BCAtVUWK.jpg Jangan panaskan kembali bayam (Foto: Eatlivelovefood)

PENDAPAT mengenai tidak boleh memanaskan kembali nasi ternyata benar. Apalagi Anda yang mengonsumsi nasi panas langsung dari pemasak nasi. Diabetes menjadi ancaman serius.

Namun, ada makanan lain yang ternyata tidak boleh dipanaskan kembali. Dilansir dari Dailymail, Selasa (13/6/2017), 5 makanan ini bila dipanaskan lagi, bukannya menambah gizi, malah menjadi racun berbahaya bagi tubuh.

1. Seledri, bayam, dan bit

Bila Anda memanaskan kembali sayuran-sayuran ini, bahaya keracunan bisa menganc Anda. Hal tersebut terjadi karena setelah proses pemanasan kembali, nitrat di dalam sayuran tersebut akan keluar dan itu bersifat karsinogenik.

2. Jamur

Protein dalam jamur bisa rusak segera setelah dipotong. Begitu juga dengan jamur yang dipanaskan kembali, nutrisinya sudah tidak sama lagi dengan jamur alami.

3. Ayam

Protein pada ayam berubah saat ayam dingin dipanaskan ulang. Risiko yang bisa terjadi adalah masalah pencernaan. Namun, ayam bisa dikonsumsi ulang setelah dipanaskan asalkan suhunya sangat panas, namun dengan proses itu, banyak nutrisi yang terbuang.

4. Kentang

Kentang dapat menjadi sumber bakteri yang disebut Clostridium botulinum. Bateri itu bisa menyebabkan botulisme. Botulisme adalah penyakit langka yang bisa menyebabkan kelumpuhan.

5. Telur Rebus

Jika telur tidak dimasak dengan sempurna, mereka bisa menyebabkan keracunan makanan. Telur yang dimasak sebaiknya tidak pernah ditinggalkan dari kulkas selama lebih dari dua jam, karena penyakit yang menyebabkan bakteri dapat tumbuh pada mereka. Apalagi telur yang kembali dipanaskan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini