5 Langkah Cegah Sakit Mata di Musim Kemarau

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 13 481 1714872 5-langkah-cegah-sakit-mata-di-musim-kemarau-7IbvYYJvZ6.jpg Hindari lensa kontak cegah sakit mata (Foto: Cbsnews)

MUSIM kemarau akan tiba, banyak penyakit yang bakal menyerang Anda seperti sakit mata. Karenanya, masalah itu harus dicegah agar tidak Anda alami.

Dilansir Timesofindia, Selasa (13/6/2017), berikut adalah 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit mata. Selalu terapkan setiap hari, terutama dalam menjaga kebersihan tangan.

Gunakan sunglasses

Saat aktivitas di luar rumah gunakanlah kacamata hitam yang dapat melindungi mata. Tapi jangan lupa pakai kacamata anti UV yang aman digunakan. Jangan malu dengan orang lain, yang penting mata Anda terlindungi dengan baik.

Hindari kontak lensa

Saat musim kemarau sebaiknya hindari penggunaan kontak lensa. Mata Anda rentan kering dan bisa iritasi. Kalau Anda mengalami mata minus sebaiknya gunakan kacamata saja, karena tak berisiko.

Jangan menggosok mata

Saat Anda mengalami mata gatal jangan dikucek atau digosok. Tangan Anda belum tentu bersih saat memegang mata. Lebih baik cuci muka dan basahi mata Anda dengan air biasa.

Pakai make up yang aman

Kaum perempuan pasti tidak akan lepas dengan penggunaan make up. Sebaiknya gunakan yang benar-benar aman untuk kulit wajah dan mata Anda. Jangan sampai riasan Anda masuk ke dalam mata yang bisa mengiritasi.

Jangan menatap gadget terlalu lama

Gadget atau alat elektronik termasuk komputer juga jangan terlalu lama digunakan. Mata Anda bisa lelah dan terjadi kekeringan. Hal ini sangat mengganggu penglihatan Anda setiap harinya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini