Seorang Pria Mengeluh Sakit Perut, Ternyata Ada Ini di Perutnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 13 481 1714986 seorang-pria-mengeluh-sakit-perut-ternyata-ada-ini-di-perutnya-DXZ2rY5cPr.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

SEMBELIT menjadi gejala awal yang bisa saja merupakan tanda penyakit besar. Dilansir Asiaone, begitu juga yang dialami Zhou Hai. Pria berusia 22 tahun asal China itu sejak kecil sudah bermasalah dengan sistem pencernaannya tersebut. Sekadar obat pencahar menjadi jalan keluarnya selama ini.

Bertahun-tahun Zhou berteman dengan penyakitnya itu. Karena merasa itu penyakit biasa, ibunda Zhou pun tidak merepotkan masalah anaknya tersebut. Sampai akhirnya perut Zhou tidak bisa lagi menahan rasa sakit yang dihasilkan dari perutnya yang sudah sangat besar, bahkan hampir meledak.

Setelah dilakukan pengecekan CT scan, diketahui perut Zhou menyimpan banyak sekali kotoran di bagian usus besarnya. Pengobatan yang biasa dilakukan Zhou memang tidak menyembuhkan sama sekali. Tapi, perasaan lebih nyaman saja yang dia rasakan setelah meminum obat pencahar.

Dalam operasi tiga jam itu, ahli bedah akhirnya memutuskan untuk memotong bagian usus besar Zhou yang panjangnya 76 cm dengan beban kotoran 13 kilogram. Setelah itu, Zhou didiagnosis menderita penyakit Hirschsprung atau penyakit cacat lahir yang menyebabkan penyumbatan di usus besar.

(Foto: Asiaone)

Sel saraf yang hilang di usus besar mencegahnya berkontraksi secara normal. Hal itu yang membuat Zhou tidak mampu mendorong kotoran yang ada di dalam perutnya melalui usus besar. Yang akhirnya menyebabkan sembelit kronis dan sering menyebabkan perkembangan megacolon jika tidak diobati.

Pengobatan pada penyakit ini membutuhkan operasi pengangkatan bagian usus besar yang bermasalah. Mereka yang menderita penyakit Hirschsprung juga rentan terhadap infeksi usus yang disebut enterocolitis yang bisa mengancam nyawa.

Meski kondisi tersebut biasa ditemukan pada bayi yang tidak bisa diselamatkan dalam 48 jam kelahiran, ada beberapa kasus langka yang didiagnosis pada masa dewasa, seperti Zhou ini. Dokter bedah yang merawat pria tersebut juga menyarankan orangtua untuk mencari pertolongan medis jika mereka melihat anak-anak mereka menderita sembelit biasa.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini