nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mengakali Tampilan Rumah agar Tidak Terkesan Angkuh

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 15:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 14 196 1715953 cara-mengakali-tampilan-rumah-agar-tidak-terkesan-angkuh-Luo3O6ICYa.jpg

ESTETIKA sebuah rumah dimulai dari tampilan depannya. Bagian inilah yang terlihat pertama kali dari sebuah rumah. Bagian ini juga acap menjadi cermin sifat si pemilik rumah.

Berbagai kesan dapat dirasakan orang hanya dengan melihat tampilan depan rumah. Kondisi rumah tertutup rapat dengan pagar beton yang tinggi, bisa saja dianggap sebagai cara penghuninya untuk menjaga jarak dengan orang lain yang datang. Tentu, pendapat ini ada yang benar, namun ada juga yang salah.

Setiap orang punya cukup alasan untuk melakukan apa yang menurut mereka baik. Pagar beton yang tinggi bisa saja merupakan cara perlindungan bagi si pemilik terhadap rumah dan keluarganya karena memang lingkungan rumahnya tidak aman. Pagar yang tertutup bisa juga menjadi cara menangkal panas agar tidak langsung menerobos memasuki rumah.

“Yang pasti, apa pun penilaian seseorang pasti berawal dari apa yang dilihat dan kesan pertama ketika melihat tampilan rumah,” sebut arsitek lanskap Herlin Wibowo. Nah, segitu pentingnya peran tampilan depan rumah inilah, yang membuat kita harus cermat mengolahnya, agar indah dan menimbulkan kesan baik di mata orang.

“Kunci sukses menampilkan kesan baik dari area depan rumah adalah menjaga keseimbangan antara elemen keras dan elemen lunak,” tambah Herlin. Tanaman dan elemen air dapat menjadi satu solusi untuk mengakali tampilan rumah agar tidak terkesan angkuh dan tidak bersahabat. Menghadirkan tanaman di antara elemen keras yang membingkai tampilan depan rumah, memberi keseimbangan kesan.

Pagar, paving atau jalan setapak dinding depan rumah merupakan contoh elemen keras yang kerap memberi kesan kaku, angkuh, tidak bersahabat. Sementara, tanaman dan elemen air memberi kesan sejuk, lembut, dan nyaman. Menjaga kedua unsur keras dan lunak dalam posisi seimbang akan memberi kesan baik dan ramah bagi rumah.

Faktor selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kehadiran setiap elemen agar fungsional dan tampil indah. “Karena setiap halnya pagar, dia harus mampu menjalankan peran sebagai pembatas teritori dan privasi. Demikian pun taman dan tanaman, dia harus subur dan terawat agar dapat menjalankan fungsinya sebagai penyejuk dan penyegar tampilan rumah,” kata Herlin.

Sebagai batas kepemilikan individu, pagar harus memenuhi fungsi menjaga privasi dan memberi perlindungan. Menggabungkan hard material pagar dengan tanaman rambat adalah solusi untuk memperlunak tampilan pagar yang terkesan kaku. Jenis tanaman yang bisa dipilih adalah alamanda, bugenfil, morning glory , dan beberapa tanaman rambat lainnya.

Tidak hanya pagar, Anda pun bisa melengkapi keindahan paras rumah dengan hijaunya taman. Seberapa luas tanah yang Anda miliki, dapat dimanfaatkan sebagai taman. Desain yang baik harus diciptakan dengan memperhatikan selera dan kebutuhan sang pemiliknya. “Taman kering bisa dijadikan alternatif pilihan untuk rumah dengan lahan terbatas.

Dipilih jenis taman kering karena agar mudah perawatannya, jenis tanamannya pun disesuaikan agar tidak perlu disiram setiap hari,” kata Herlin. Elemen air juga menjadi pilihan untuk menyeimbangkan tampilan depan rumah agar terlihat indah dan nyaman. Menghadirkan elemen air bisa dalam bentuk kolam, pancuran, atau cara lain yang mengeksplorasi aliran air.

“Untuk tempat yang sangat terbatas bisa membuat pancuran dengan kolam kecil untuk mempercantik tampilan taman. Gemericik air bisa menjadi irama penghilang stres dan menyegarkan pikiran,” saran Herlin. Untuk menghilangkan kemonotonan di area taman yang ada di area taman yang ada di depan rumah, dapat menggunakan jembatan sebagai solusinya.

Untuk area depan rumah yang luas, kehadiran jembatan dapat mengurangi kebosanan di jalan yang panjang menuju rumah. Untuk area rumah yang mungil, jembatan dapat menjadi point of interest bagi taman dan area depan rumah jika didesain dengan baik.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini