nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Masakan Pakai Keju Makin Lezat, Ikuti Tipsnya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 09:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 14 298 1715719 mau-masakan-pakai-keju-makin-lezat-ikuti-tipsnya-ohrJ1fJaJx.jpg Penggunaan keju dalam masakan (Foto:Landolakes)

BANYAK olahan makanan yang bisa dicampur dengan keju, rasa makanan ini juga akan menjadi lebih lezat. Tak hanya itu, kandungan gizi makanan juga menjadi lebih meningkat karena nutrisi yang dikandung keju cukup tinggi.

Mencampur keju dengan bahan makanan memang sah saja dilakukan asalkan sesuai takaran dan mengikuti aturan pemasakan. Aturan pemasakan? Ya, memasak keju tidak boleh sembarangan karena jika salah, masakan akan terasa tak enak atau kandungan nutrisi dalam keju akan rusak.

Dijelaskan Endang Indriani, penulis buku resep sekaligus food blogger, keju dalam masakan tidak boleh dimasak terlalu lama. “Mencampur keju dalam masakan seperti nasi goreng, tumisan atau masakan lain boleh saja, malah rasanya lebih enak, gurih. Tapi memasak keju tidak boleh menggunakan api besar dan proses masak yang lama,” kata Endang saat ditemui Okezone di Jakarta.

Lebih lanjut Endang menyarankan untuk memasak keju secara cepat. “Pilih masakan yang cepat matang atau masukkan keju diakhir proses masak. Misalnya sudah hampir matang baru masukkan keju,” lanjut pemilik blog makanan "Just Try & Taste" ini.

Cara ini diakui Endang akan menghasilkan masakan yang lezat namun tidak kehilangan ciri dan citarasa kejunya. Selain itu tekstur keju juga masih terjaga.

“Biasanya keju buat masakan yang dipakai keju cheddar yang lebih keras teksturya jadi kalau masaknya cepat, bentuk dan tekstur keju juga masih enak. Lain halnya jika yang digunakan keju jenis lain seperti mozzarella,” beber Endang menutup perbincangan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini