nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Destinasi Pariwisata Andalan Indonesia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 15:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 14 406 1716012 10-destinasi-pariwisata-andalan-indonesia-q3JldAHDMT.jpg Ilustrasi Wisata Indonesia (foto: Yahoo)

SEBANYAK 10 destinasi pariwisata di Indonesia siap dibranding dan diluncurkan dalam acara Launching 10 Destination Brandings, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Adapun 10 destinasi pariwisata itu antara lain, Medan, Kepulauan Riau (Kepri), Jakarta, Bandung (Jawa Barat), Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Banyuwangi, Bali, Lombok, Makassar dan Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat).

"Diharapkan branding mampu mengangkat citra Indonesia sebagai destinasi unggulan di dunia. Brand Wonderful Indonesia sudah digunakan sejak 2010. Peringkat branding wisata Indonesia yang semula diposisi 143, kini menduduki posisi 47 dunia berdasar penilaian WF. Kemudian, akan disinergikan dengan destinasi daerah lainnya sebagai sub brand-brand," ucap I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Kamis (14/6/2017).

Penyusunan dan peluncuran branding terhadap 10 destinasi pariwisata tersebut bertujuan untuk menyelaraskan master brand (Wonderful Indonesia) dengan sub brand (branding destinasi). Sehingga hal tersebut dapat memperkuat posisi dari master brand Wonderful Indonesia sekaligus tercipta sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dalam kancah internasional.

"Kesiapan 10 destinasi Pariwisata tersebut telah memenuhi unsur 3A yaitu Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas), dan paling siap sehingga akan mempermudah dibranding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan sebesar 15 juta dan ditingkatkan menjadi 20 juta pada 2019," jelas Pitana dalam siaran pers.

Pemilihan kesepuluh destinasi itu tidak lah melewati proses yang singkat. Tapi harus memperhatikan nilai dari produk yang ada pada brandnya.

"Kita harap semua destinasi punya brand dengan keunikannya masing-masing, karena dasar dari pemilihan 10 destinasi ini dilihat dari kelayakannya destinasi untuk dijual," ujar Pitana.

Kesepuluh brand dari 10 destinasi pariwisata yang dimaksud itu ialah Colorful Medan, Wonderful Riau Islands, Enjoy Jakarta, Stunning Bandung, Java Cultural Wonders, Majestic Banyuwangi, Bali Island of Gods, Friendly Lombok, Explore Makassar, Coral Wonders (Wakatobi Bunaken Raja Ampat).

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini