Image

JELAJAH ISLAM: Masjid Tertua di Australia Ini Bentuknya Bikin Melongo

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017, 06:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 14 406 1716106 jelajah-islam-masjid-tertua-di-australia-ini-bentuknya-bikin-melongo-dLhj5U6d2A.jpg Masjid Marree, Australia (foto: hiconsumption)

NAMANYA Masjid Marree. Jika Anda melihat masjid ini, pasti langsung terkejut dan tidak menyangka kalau bangunan yang ada di depan mata itu adalah sebuah masjid.

Bentuknya tidak seperti masjid pada umumnya memang, tidak juga unik apalagi mewah. Tapi, bukan berarti tidak punya keistimewaan.

Berada di Autralia Selatan, Masjid Marree telah dibangun sejak 1882. Ini berarti masjid tersebut telah berdiri selama 135 tahun lamanya. Sungguh sangat tua! Namun, ada juga versi lain yang menyebutkan kalau masjid sudah dibangun pada 1861.

Marree Mosque Located in Marree, South Australia. The mosque was built by Afghan community in 1882. It is one of the oldest known mosque in Australia.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Beautiful Islamic Mosques &Art (@islamic_mosques_art) pada Jun 4, 2017 pada 8:00 PDT

Dikutip dari Beautifulmosque, Masjid Marre dibangun oleh seorang peternak unta bernama Abdul Kadir. Dulu, Masjid Marree digunakan oleh umat Islam yang berada di Australia Selatan untuk salat dan melakukan kegiataan keagamaan lainnya oleh kelompok Islam Afghanistan yang ada di Australia.

Kini, Masjid Marree sepintas tidak terlihat seperti bangunan masjid, karena konstruksi bangunan sama sekali tidak memiliki daun jendela dan daun pintu. Atap masjid terbuat dari ijuk atau dedaunan yang sebagian sisi atapnya sudah tidak tertutup. Masjid hanya ditopang oleh batang-batang pohon. Dindingnya hanya sebagian saja yang menutupi bangunan.

Masjid Marree lebih terlihat seperti saung atau gubuk yang sudah usang dan tidak terpakai. Sebab, sekarang bangunan masjid tersebut tidak lagi digunakan untuk melaksanakan kegiatan peribadatan, tapi hanya berfungsi sebagai bangunan untuk mengenang keluarga dan peternak unta, Marree.

Wisatawan yang mengunjungi Masjid Marree harus menaati aturan-aturan yang tertulis di papan. Tulisan itu berisi:

Bismillahirahmannirrahim

Ini adalah taman peringatan yang didedikasikan untuk mengenang para penunggang unta muslim dan keluarga Marree.

Semoga Anda menikmati kedamaian dan keterbukaannya

Harap perhatikan persyaratan saat memasuki masjid

Anak-anak tidak diizinkan bermain di daerah ini (hanya untuk dikunjungi dan hanya dengan pengawasan orang dewasa)

Mohon tidak membawa kertas dan minuman atau makanan di dalam.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini