nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Bali Baru Semoga Mampu Dongkrak Gairah Wisata Indonesia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 14 406 1716258 10-bali-baru-semoga-mampu-dongkrak-gairah-wisata-indonesia-rcWWuoQY0o.jpg Ilustrasi Bali, Indonesia (foto: CNN)

SUASANA spontan membuat merinding di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kamis (14/6/2017), sebab acara Launching Branding 10 Destinasi Pariwisata dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin.

Tiga wanita cantik pemain biola juga memberikan penampilan terbaiknya untuk membuka acara peluncuran tersebut. Dalam peluncuran 10 destinasi yang disebut sebagai destinasi new Bali itu dihadiri oleh perwakilan pejabat pariwisata setiap daerah, antara lain wakil gubernur, wakil walikota, kepala dinas pariwisata dan pejabat lainnya. Acara dibawakan oleh Iffy Batutah dan Delia.

Kesepuluh destinasi pariwisata atau Bali baru tersebut antara lain, Medan, Kepulauan Riau, Jakarta, Bandung, Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang), Banyuwangi, Bali, Lombok, Makassar, Coral Wonders (Wakatobi Bunaken Raja Ampat). Destinasi-destinasi tersebut menyuguhkan pesona alam berupa pegunungan, gunung, pantai, kebudayaan, kuliner, kota wisata dan hal menarik lainnya yang dapat menghibur wisatawan.

"Indonesia sudah mengembangkan branding dari 2008 dengan melakukan modifikasi lambang burung garuda menjadi sebagaimana bentuk burung yang ada di logo Wonderful Indonesia yang diabstraksi. Warna yang terdapat dalam logo mencerminkan Pancasila," ucap I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kementerian Pariwisata, yang mewakili Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Kamis (14/6/2017).

"Branding yang sudah dibuat lalu dipormosikan dengan intensif. Logo Wonderful Indonesia ini sudah meningkatkan citra Indonesia di peta dunia, pada 2016 brand Indonesia sudah menempati posisi 47 di dunia. Brand Indonesia itu harus diturunkan pada brand-brand destinasi yang jadi tujuan wisatawan," lanjutnya.

Dalam acara peluncuran tersebut juga disediakan booth yang berjumlah 10 sesuai dengan jumlah daerah destinasi new Bali itu, booth-booth yang dijaga oleh para Putri Pariwisata yang siap menjelaskan dan membantu pengunjung mencari tahu mengenai filososfi ke 10 branding. Booth juga menyuguhkan keistimewaan daerah masing-masing.

Adapun ke 10 brand destinasi wisata yang diluncurkan pada acara Launching 10 Destination Brandings, antara lain, Colorful Medan, Wonderful Riau Islands, Enjoy Jakarta, Stunning Bandung, Java Cultural Wonders, Majestic Banyuwangi, Bali Island of Gods, Friendly Lombok, Explore Makassar, Coral Wonders (Wakatobi Bunaken Raja Ampat).

"Putri Pariwisata berada disetiap booth, siap menjelaskan dan membantu pengunjung yang ingin mencari tahu mengenai filosofi 10 branding baru destinasi itu. Serta memberikan kesempatan kepada perwakilan daerah untuk menunjukan keistimewaan dari daerahnya masing-masing melalui booth yang ada, kata Noviendi Makalam, Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, dalam siaran pers.

Acara launching the 10 destination brandings pariwisata Indonesia dimeriahkan dengan pertunjukkan kesenian dalam kemasan cultural wonders dengan menampilkan tari tradisional, fashion show, pertunjukkan musik oleh Band Kamila serta alunan musik daerah yang dipersembahkan oleh Andien.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini