Manfaat Kemoterapi untuk Pasien Kanker Stadium Awal

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 10:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 14 481 1715562 manfaat-kemoterapi-untuk-pasien-kanker-stadium-awal-JWkS4IPLLg.jpg Ilustrasi (Foto: Breasthealthandhealing)

KEMOTERAPI merupakan salah satu tindakan pengobatan untuk mematikan sel kanker pada seseorang. Selain itu, ada manfaat lainnya yang bisa meningkatkan kualitas hidup pasien.

Ahli Onkologi dari RS Kanker Dharmais Jakarta Dr dr Nugroho Prayogo SpPd-KHOM mengatakan, kemoterapi banyak memiliki manfaat bagi pasien kanker. Karena itu, metode pengobatan ini tidak boleh Anda lewatkan.

Ditemui Okezone di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, dr Nugroho membeberkan serangkaian manfaat kemoterapi bagi pasien kanker. Simak ulasannya berikut ini yang dirangkum Okezone.

Membuat pasien survive

Tak mudah untuk mewujudkan agar pasien kanker stadium awal bisa survive. Karena itu, mereka harus menjalani kemoterapi sesuai anjuran dokter. Menurut dr Nugroho, dengan kemoterapi sekira 60,4% pasien kanker bisa bertahan hidup.

Menurunkan risiko kekambuhan

Pasien kanker yang telah menjalani kemoterapi hingga tuntas jarang sekali yang mengalami kekambuhan. Sebagai contoh, pasien kanker payudara stadium awal menjalani kemoterapi banyak yang berhasil survive lebih dari 15 tahun.

Mencegah komplikasi

Pasien kanker juga sangat rentan mengalami berbagai komplikasi penyakit. Itu karena keganasan sel kanker yang menjalar ke seluruh tubuh dan membahayakan organ tubuh lainnya, seperti bagian tulang.

Mematikan sel kanker

Ketika pasien menjalani kemoterapi, perlahan-lahan sel kanker yang menggerogoti tubuhnya bisa mati. Tapi tak cuma itu, efek sampingnya juga mematikan fungsi sel baik dalam tubuh pasien.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini