nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Manfaat Donor Darah saat Puasa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 10:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 14 481 1715567 ternyata-ini-manfaat-donor-darah-saat-puasa-J1PgABHoFi.jpg Ilustrasi (Foto: India.com)

HARI ini bertepatan dengan Hari Donor Darah Sedunia. Sebuah apresiasi yang diberikan dunia kepada mereka-mereka yang telah mendonorkan darahnya kepada sesama manusia. Membantu sesama dan menyelamatkan nyawa orang lain.

Donor darah sangat baik untuk tubuh. Seperti yang dijelaskan Direktur PMI dr Salimar Salim, bila seseorang mendonorkan darahnya, salah satu manfaat yang dia terima adalah kebugaran tubuh. Hal itu terjadi karena tubuh mengeluarkan darah yang sudah banyak bekerja, yang kemudian secara alami digantikan tubuh dengan darah baru.

Lalu, saat berpuasa, apakah manfaat tersebut bisa dirasakan juga? Dia menyatakan, manfaat donor darah saat tidak berpuasa maupun saat berpuasa sama saja. Tetap saja baik untuk kesehatan. Selain itu, dia menambahkan, manfaat lainnya adalah detoksifikasi tubuh yang dilakukan secara natural.

Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah Anda mengetahui secara rutin bagaimana kondisi tubuh Anda secara keseluruhan. "Sebelum donor darah kan biasanya pendonor di cek kesehatannya. Ya, semacam check-up berkala gratis bagi pendonor juga jadinya," katanya pada Okezone saat dihubungi, Rabu (14/6/2017).

dr Salimar juga menambahkan, mereka yang mendonorkan darah saat berpuasa juga bisa menyehatkan jantungnya. Itu terjadi karena adanya penumpukan kolesterol di dalam jantung yang bisa saja menimbulkan flek. Selain untuk kesehatan, donor darah pun bermanfaat untuk psikologi manusia. Sebab, ketika pendonor bisa membantu orang lain, tentunya ada rasa kepuasan batin yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Apalagi sampai bisa menyelamatkan nyawa seseorang.

"Jadi, bagi siapapun, jangan khawatir untuk mendonorkan darahnya saat berpuasa. Selain menyehatkan tubuh Anda, donor darah juga bisa menjadi ladang sedekah yang tentunya bisa membuat hati lebih bahagia," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini