nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Waktu Tepat bagi Anda yang Mau Donor Darah saat Puasa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 14 481 1715618 ini-waktu-yang-tepat-bagi-anda-yang-mau-donor-darah-saat-puasa-PTRVE48x4w.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

KEKURANGAN darah menjadi kekhawatiran paling umum yang dirasakan calon pendonor darah saat berpuasa. Sedangkan, pada kenyataannya donor darah saat Ramadhan tidak akan memperburuk kondisi tubuh.

Lalu, waktu yang tepat untuk mendonorkan darah saat berpuasa kapan? Apakah bisa kapan pun? Diterangkan Direktur PMI dr Salimar Salim, Anda yang ingin mendonorkan darah saat Ramadhan, bisa melakukannya kapan saja.

"Saat berpuasa boleh atau saat tidak berpuasa juga boleh. Itu tegantung dari kesiapan tubuh Anda saja," terangnya saat dihubungi Okezone, Rabu (14/6/2017).

Namun, memang ada waktu yang direkomendasikan. Menurut dr Salimar, untuk meminimalisir kekhawatiran akan turunnya kesehatan tubuh, Anda bisa memilih waktu setelah berbuka puasa. Bila dirasa terlalu letih, waktu setelah Anda sahur juga direkomendasikan dr Salimar.

Tapi, ada yang perlu diperhatikan ketika Anda memilih waktu setelah tubuh mendapatkan asupan makanan setelah sebelumnya dibiarkan berpuasa. "Makanan yang Anda konsumsi akan sangat memengaruhi kualitas darah Anda. Semakin baik Anda menentukan jenis dan jumlah makanan, makan akan baik pula darah di dalam tubuh Anda," katanya.

Dia juga memerbolehkan bagi pendonor yang ingin mendonorkan darah sebelum waktu berbuka. "Semacam ngabuburit yang anti-mainstream jadinya. Anda menunggu waktu berbuka dengan hal yang sangat baik. Setelah darah dikeluarkan, Anda berbuka. Setelahnya tubuh Anda memproduksi kembali darah segar yang tentunya sangat baik untuk kesehatan," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini