nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Donor Darah saat Puasa Bikin Pingsan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 14 481 1715711 benarkah-donor-darah-saat-puasa-bikin-pingsan-nZ7VCZd2jL.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

TAKUT darah habis karena didonorkan saat berpuasa? Pernyataan tersebut tentunya keliru! Ketika berpuasa, sangat aman bagi Anda yang ingin donor darah.

Ya, tegantung dari seberapa sehat Anda juga saat berpuasa. Kekhawatiran lainnya adalah pingsan dan kualitas darah yang tidak sebaik saat tak berpuasa. Direktur PMI dr Salimar Salim menjelaskan, ketakutan akan pingsan juga sebaiknya dihilangkan.

"Selama ini, tidak ada kasus mereka yang mendonorkan darah saat berpuasa akan jatuh pingsan. Jadi bisa dipastikan aman," tegasnya pada Okezone saat dihubungi, Rabu (14/6/2017).

Dia melanjutkan, terkait dengan kualitas darahnya, mereka yang berpuasa memiliki darah yang sama dengan saat mereka tidak berpuasa. Asalkan pendonor menjaga dengan baik menu makanan saat sahur maupun berbuka puasa.

"Ya, kalau pendonor makan makanan yang sehat, tidak ada efek apapun yang terjadi di darahnya. Yang jelas, darah orang yang berpuasa tetap berkualitas," sambungnya.

Dia menambahkan, saat puasa seperti sekarang, kebutuhan darah tetap tinggi. Namun, sangat disayangkan jumlah kantung darah yang tersedia tidak sebanyak hari-hari biasanya. Karena itu, dr Salimar menghimbau untuk jangan takut mendonorkan darah saat berpuasa. Kebaikan Anda akan bertambah bila bisa membantu orang lain.

"Ada kepuasan batin juga akhirnya yang didapatkan bila Anda yang berpuasa tetap bisa membantu orang lain," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini