nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bingung Mau Donor Darah saat Puasa? Simak Cerita Para Pendonor Ini Yuk!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 14:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 14 481 1715773 bingung-mau-donor-darah-saat-puasa-simak-cerita-para-pendonor-ini-yuk-oIvJWDwWlW.jpg Donor darah menyehatkan (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

DOKTER telah menyatakan tidak ada masalah bagi siapa pun yang mau mendonorkan darahnya saat puasa. Jadi, tidak perlu lagi ada pemikiran nanti bakal pingsan atau badan menjadi sangat lemas setelah donor darah.

Nah, bagi Anda yang mungkin masih bingung atau belum percaya bila donor darah saat puasa itu aman, Okezone coba menanyai dua pendonor yang berani menyumbangkan darahnya saat Ramadhan. Semoga saja alasan mereka bisa menginspirasi Anda semua.

Yang pertama diceritakan Lisvi Nael, 25, karyawan swasta. Menurutnya, donor darah saat Ramadhan itu sangat penting untuk membuat tubuh semakin sehat. Salah satu indikasinya adalah badan menjadi lebih fit. Bahkan, menjalani puasanya dengan sangat baik.

Tak hanya itu, menurut Lisvi, ada manfaat lain bila mendonorkan darah saat berpuasa. ’’Hormon endorpin atau hormon cinta Anda meningkat dan itu sangat baik untuk energi positif di diri Anda,’’ ungkapnya saat dihubungi Okezone, Rabu (14/6/2017).

Lisvi mengungkapkan, hormon itu meningkat karena adanya perasaan senang telah membantu sesama. Maka dari itu, puasanya pasti lebih bahagia. Lisvi juga mengatakan, dirinya sejauh ini tidak merasa kapok untuk mendonorkan darah saat berpuasa. Bahkan, bila diperbolehkan, dia menginginkan donor darah sebanyak dua kali selama Ramadhan. ’

’Itungannya kan mencari pahala dan kesehatan. Kalau sekali, kurang,’’ tuturnya kemudian tertawa.

Bukan hanya itu, pengakuan lain juga diceritakan Ibnu Afan, 26, karyawan swasta. Bila mendonorkan darah saat berpuasa, regenerasi darah yang terjadi di tubuh lebih lancar. ’’Efeknya adalah kulit nggak kusam dan terpenting badan semakin sehat,’’ kata Ibnu saat dihubungi Okezone di waktu yang sama. Ibnu juga menyatakan nutrisi baru yang diterima tubuh pun menjadi lebih maksimal penyerapannya.

Namun, dia menyayangkan kurangnya informasi mengenai booth donor darah. Hal tersebut sangat merugikan mereka yang memang rutin mendonorkan darah.

’’Bagi saya, mdonor darah saat berpuasa itu baik-baik saja. Tapi, dilakukannya memang setelah berbuka. Agar tidak terlalu memberi dampak buruk ke tubuh,’’ pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini