nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan 5 Hal Ini agar Donor Darah Berhasil

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 17:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 14 481 1716032 perhatikan-5-hal-ini-agar-donor-darah-berhasil-jH1a0I70A9.jpg Donor darah menyehatkan (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

DONOR darah terbukti membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang masih ingin melakukan donor darah. Namun terkadang mereka tidak bisa menyumbangkan darahnya karena berbagai faktor. Padahal, kebutuhan kantong darah terbilang tinggi.

Bagi Anda yang ingin menyumbangkan darah harus memerhatikan beberapa hal agar niat baik Anda bisa terealisasi. Inilah hal-hal penting yang harus Anda ingat seperti yang dilansir dari Health, Rabu (13/6/2017).

1. Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi

Beberapa hari bahkan beberapa minggu sebelum Anda berniat menyumbangkan darah, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti sayuran hijau tua, buah-buahan, kacang-kacangan, makanan laut, dan daging merah. Makanan kaya zat besi membantu tubuh membangun sel darah merah dengan cepat dan juga mencegah segala jenis penyakit bisa saja mungkin timbul karena kekurangan darah.

2. Tidur yang cukup

Malam sebelum hari donor darah tiba, Anda harus memiliki waktu tidur 7-8 jam. Hal ini penting untuk menjaga kondisi fisik Anda dan mencegah pusing yang bisa timbul ketika menyumbangkan darah.

3. Minum air yang cukup

Selain tidur, Anda juga harus minum yang banyak agar tubuh tetap terhidrasi karena saat menyumbangkan darah, tubuh mengeluarkan cairan. Setelah donor darah, Anda perlu minum 1-2 gelas air unruk mencegah dehidrasi dan pusing yang bisa timbul karena tekanan dan kadar gula darah menurun.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Tiga hingga empat jam sebelum menyumbangkan darah, Anda harus makan makanan yang sehat untuk mengendalikan tingkat gula darah. Hindari makanan berlemak karena akan berpengaruh pada pengujian darah.

5.Berikan jeda

Mungkin Anda termasuk orang yang senang menyumbangkan darah. Namun harus diingat bahwa untuk mendonorkan darah kembali diperlukan waktu setidaknya tiga bulan setelah Anda mendonor. Waktu itu diperlukan oleh tubuh untuk meregenerasi sel tubuh. Jika Anda kembali menyumbangkan darah dalam waktu kurang dari tiga bulan, hal itu bisa menyebabkan masalah kesehatan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini