nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk, Cari Tahu Cara Mengatasi Perut Kembung

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 03:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 14 481 1716133 yuk-cari-tahu-cara-mengatasi-perut-kembung-CK0gBur19k.jpg Ilustrasi (Foto: Today)

ANDA mungkin pernah merasa tidak nyaman ketika perut menjadi kembung. Kondisi ini disebabkan karena saluran pencernaan terisi udara atau gas. Secara umum, perut kembung dikaitkan dengan perasaan kenyang, sesak, atau bengkak pada perut. Jika Anda sering merasa kembung, tentunya hal itu mengganggu aktivitas.

Perut kembung biasanya terjadi jika Anda makan atau minum terlalu cepat. Hal itu membuat udara lebih banyak masuk sehingga membuat penumpukan gas di saluran cerna. Merokok, memakan permen karet, dan minum minuman berkarbonasi juga menyebabkan perut menjadi kembung. Selain itu, kondisi stress dan cemas juga bisa membuat tubuh menghirup lebih banyak udara.

Perut kembung berkaitan dengan apa yang Anda makan dan minum. Untuk menghindarinya, perubahan gaya hidup seperti menerapkan pola hidup sehat bisa membantu menjaga perut tetap rata dan menghilangkan ketidaknyamanan.

Inilah beberapa cara untuk mengatasi perut kembung seperti yang dilansir dari TG Daily, Kamis (15/6/2017).

1. Berhenti makan berlebihan

Makan berlebihan adalah salah satu penyebab utama perut kembung. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan piring yang lebih kecil sehingga porsi makan menjadi berkurang. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi lemak pada porsi makanan Anda agar lebih mudah dicerna.

2.Makan perlahan

Makan cepat dan tidak mengunyah dengan benar membuat perut Anda lebih mudah kembung setelah makan. Untuk itu, Anda harus mengunyah makanan perlahan. Tubuh memerlukan waktu hingga 20 menit untuk merasa kenyang dan diterima oleh otak. Dengan begitu, makan perlahan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebih. Hal ini tentunya membawa dampak baik Anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Hindari minuman berkarbonasi

Banyak orang menyukai minuman bersoda dan minuman berkarbonasi lainnya karena menyegarkan. Namun sayangnya, kandungan karbon dioksida pada minuman-minuman itu sangat tinggi sehingga bisa membuat perut kembung. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba air detoks lemon dengan beberapa madu dan dua daun peppermint segar.

4. Jauhi makanan penyebab kembung

Walaupun serat dan biji-bijian dianjurkan untuk mereka yang sedang diet, ternyata makanan-makanan itu juga bisa menyebabkan kembuang apabila dikonsumsi secara mentah. Untuk tetap menjalankan program diet Anda bisa mencampur yogurt dengan blueberry di pagi hari. Selain itu, beras dan kentang yang dipanaskan kembali juga bisa menyebabkan kembung.

5. Kurangi gula

Musuh utama kembung adalah makanan yang manis. Untuk terhindar dari kembung, Anda perlu mengurangi mengonsumsi makanan manis.

6. Jangan minum susu

Anda yang alergi terhadap laktosa sebaiknya jangan minum susu karena bisa menyebabkan distress usus dan merangsang penumpukan gas di perut. Anda bisa mengganti susu dengan yogurt bebas laktosa, susu kedelai, dan tahu.

7. Olahraga

Keringat yang dihasilkan dari berolahraga bisa merangsang perginya racun dan meningkatkan pergerakan usus yang membantu metabolisme tubuh. Dengan begitu pencernaan menjadi lancar dan Anda terhindar dari kembung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini