Image

Zaman Sudah Serba Online, tapi Orang Masih Gemar Belanja Konvensional

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 18:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 15 194 1717024 zaman-sudah-serba-online-tapi-orang-masih-gemar-belanja-konvensional-Z6SD89KsWg.jpg Belanja di toko konvensional (Foto: Urbanmatter)

BELANJA online kini digemari oleh wanita maupun pria lantaran lebih fleksibel. Ya, tanpa harus menjangkau lokasi, Anda bisa membeli barang yang dibutuhkan.

Banyaknya perusahaan yang membuat e-commerce dapat memudahkan wanita berbelanja. Semakin berkembang setiap tahunnya, lantas apakah tren berbelanja online saat ini sudah menggeser tren belanja secara konvensional?

"Kenyataannya online masih sekitar satu persen total penjualan retail. Jadi, masih bisa dibilang konsumen Indonesia masih banyak yang memilih berbelanja secara offline," ujar Jason Lamuda, CEO salah satu e-commerce, yang ditemui Okezone di kawasan Jakarta Pusat, kemarin.

Kendati demikian, saat tren berbelanja secara online mulai tumbuh, ada peningkatan yang mulai terlihat. Dibandingkan tahun 2012 dan 2013, kini masyarakat jadi jauh lebih percaya dengan belanja online dibandingkan tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, secara garis besar tren berbelanja online memang terus meningkat. Hal ini diakui oleh Jason Lamuda dan sebagian besar teman e-commerce dan marketplace.

"Contohnya, dulu orang banyak yang bertanya bagaimana soal pembayaran. Lalu, barangnya dikirim bagaimana. Nah, kalau sekarang mereka bertanya soal penawaran yang terbaik. Apakah harganya bisa lebih murah, seperti itu," tambah pria berkacamata ini.

"Tren belanja online definitely memang semakin meningkat. Setiap e-commerce banyak mengedukasi konsumen bahwa belanja online itu aman. E-commerce semakin banyak berarti yang mengedukasi juga semakin banyak. Mereka mengedukasi bahwa belanja online itu aman dan nyaman," lanjutnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini