Sebelum Idul Fitri Jangan Lupa Bayar Zakat Fitrah Ya

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 24 Juni 2017 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 15 196 1716871 sebelum-idul-fitri-jangan-lupa-bayar-zakat-fitrah-ya-tQXVGvC64l.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

MEMBAYAR zakat merupakan salah satu rukun Islam yang ke-3. Zakat maknanya adalah tambahan, penyucian dan berkah. Dinamakan demikian, karena orang yang menunaikan zakat akan mendapatkan keberkahan pada hartanya, dan akan membersihkan jiwanya dari sifat-sifat kikir.

Dari Ibnu Abbas RA disampaikan, "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai penyuci bagi orang yang berpuasa dari kata-kata tak berguna dan kotor, serta sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barangsiapa mengeluarkannya sebelum salat id maka itu adalah zakat yang diterima. Bila ia mengeluarkannya setelah salat id maka menjadi sedekah biasa” (HR Abu Dawud 1609 dan Ibnu Majah 1827)

Dikutip dari buku saku rangkuman Ustadz Ma'ruf Khozin, dijelaskan dalam banyak hadits bahwa zakat fitrah yang dikeluarkan oleh Nabi terkadang berupa gandum. Dari sini kemudian para ulama berijtihad bahwa yang dimaksud adalah makanan pokok.

Oleh karenanya di Indonesia makanan pokoknya adalah beras, sehingga yang dikeluarkan berupa beras dengan mengambil ukuran yang dijelaskan dalam hadits.

Bila menggunakan beras, menurut mayoritas Ulama’ maka beratnya 2,8 ons ( 2 kg lebih 8 ons pembulatan) hal ini berdasarkan zakat fitrah adalah 1 sho’ = 4 mud . 1 mud = 679,79 gram jadi 1 sho’ = 2719,16 gram ( 2,8 ons).

Sementara itu, menurut ulama’ lain 2 ½ kg (2 kg lebih 5 ons) hal ini berdasarkan zakat fitrah adalah 1 sho’ = 4 mud. 1 mud = 6 ¼ on. Jadi 1 sho’ = 2 kg 5 on2. Apakah Anda sudah bayar Zakat? Jangan lupa bayar zakat ya!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini