Kriuk Renyah Keripik Nanas Khas Riau

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 15 298 1716754 kriuk-renyah-keripik-nanas-khas-riau-EbIp6OcSek.jpg Keripik nanas (Foto:Ilustrasi/Cookingforkishore)

PROVINSI Riau memiliki tanah yang subur sehingga komoditas pertanian bisa tumbuh berlimpah. Salah satu yang banyak tumbuh adalah keripik nanas, jika ke Riau jangan lupa memborong keripik nanas ya.

Nanas jadi salah satu buah yang melimpah di Pekanbaru. Masyarakat Riau mengkreasikan nanas ini dengan mengolahnya menjadi keripik. Olahan nanas ini menjadi lebih awet sehingga memungkinkan untuk bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Nanas khas Pekanbaru memiliki bentuk besar, berdaging manis dan mengandung banyak air. Nanas segar yang baru saja dipanen ini kemudian diolah menjadi keripik yang dianggap memiliki daya jual yang lebih tinggi dibanding nanas segar.

Untuk membuat keripik nanas, masyarakat mengupas terlebih dulu kulitnya lalu mengiris nanas tipis-tipis kemudian direbus. Untuk membuatnya kering, nanas dijemur di bawah pancaran sinar matahari langsung. Setelah kering, kemudian nanas dimatangkan dengan cara digoreng.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini