Share

Mulai dari Mi, Roti hingga Salad, Ini 5 Makanan & Minuman Tertua dalam Sejarah

Kamis 15 Juni 2017 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 15 298 1717008 mulai-dari-mi-roti-hingga-salad-ini-5-makanan-minuman-tertua-dalam-sejarah-TUNphi8YWG.jpg Roti makanan tertua di dunia (Foto:Shutterstock)

MAKANAN dan minuman sebenarnya berevolusi mengikuti sejarah manusia. Makanan serta minuman yang kita makan saat ini, sebenarnya merupakan pengembangan resep makanan dan minuman pada masa lampau.

Dilansir dari Koran Sindo, berikut lima makanan tertua dalam sejarah.

Sup

 


Cairan yang mengandung tulang hewan ini ditemukan di sebuah wadah perunggu berusia 2.400 tahun. Penemuan yang ditemukan di sebuah makan kuno dekat Ibukota Xian, China tersebut diduga merupakan sisa sup para raja dan ratu di masa lampau.

 

Mi

 


Mi tertua ditemukan di China. Sebuah mi tersebut terpelihara karena disimpan dalam mangkuk tertutup dan terkubur sedalam tiga meter di situs arkeologi Laija.

Salad

Salad merupakan salah satu makanan paling tua di dunia. Orang-orang Romawi dan Mesir kuno biasa mengonsumsi salad yang disebut emmer dan farro.

 

A post shared by Dine (@dine_goes_fit) on


Menurut sejarawan makanan kuno, mereka biasa memakan salad tersebut tanpa tomat.

Roti

Roti juga merupakan salah satu makanan tertua di dunia. Bukti terkuat berasal dari roti berusia 30.000 tahun yang lalu di Eropa.

 

A post shared by Daniel Larsson (@danlarn) on


Diduga roti pada masa lalu pun telah memanfaatkan ragi untuk membantu proses fermentasi. Juga ditemukan oven roti bangsa Romawi kuno di sebuah situs.

Minuman anggur

Semakin tua umur anggur semakin berharga minuman tersebut. Anggur tertua ditemukan berusia 6.000 SM di Georgia.

 


Meski anggur tersebut telah menguap namun ilmuwan menemukan bukti sisa anggur di dalam guci keramik tersebut. Dari penemuan tersebut juga ditemukan bahwa manusia purba menambahkan agen antibakteri untuk melestarikan anggur sehingga bisa disimpan untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini