Terapi Mengobati Asma yang Muncul Mendadak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 15 481 1716641 terapi-mengobati-asma-yang-muncul-mendadak-6Nhfyt5DsP.jpg Ilustrasi (Foto: Newlifeoutlook)

ASMA merupakan penyakit yang sulit untuk dihilangkan. Peredaan dan menjauhkan diri dari risiko masalahnya merupakan cara yang bisa dilakukan. Inhaler menjadi barang yang sulit dipisahkan dari penderita asma.

Namun, selain inhaler dan obat oral yang dianjurkan dokter, Anda juga bisa mencoba cara lain yang ternyata cukup ampuh meredakan asma tersebut. Salah satunya adalah home treatment yang tak begitu sulit juga dilakukan.

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan asma yang muncul mendadak:

1. Gunakan AC

AC dipercaya mampu mengurangi jumlah serbuk sari udara dari pohon, rumput, dan gulma yang mungkin berada di dalam rumah. AC juga bisa menurunkan kelembaban ruangan dan dapat mengurangi paparan tungau debu yang bisa memicu terjadinya asma. Jika Anda tidak memiliki AC, usahakan agar jendela Anda tetap tertutup.

2. Ganti barang di rumah Anda atau bersihkan segera

Minimalkan debu yang bisa memperburuk gejala di malam hari dengan mengganti barang-barang tertentu di kamar tidur Anda. Misalnya, sarung bantal, kasur, atau beberapa barang di sekitar tempat tidur Anda. Bila perlu, jangan pergunakan karpet di dalam kamar. Kemudian, pastikan tirai di kamar bersih dari kotoran apapun.

3. Pertahankan kelembapan optimal

Jika Anda tinggal di iklim yang lembap, bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan dehumidifier. Namun, bila Anda sulit mendapatkan udara yang lembap, usahakan untuk menggunakan AC atau selalu bersihkan ruangan Anda.

4. Cegah spora jamur

Bersihkan daerah-daerah lembab seperti bak mandi, dapur, dan di sekitar rumah agar spora tidak berkembang. Singkirkan daun berjamur bila ada di dalam rumah Anda.

5. Kurangi bulu binatang peliharaan

Jika Anda alergi terhadap kutu atau ketombe, hindari hewan peliharaan yang bulu. Memiliki hewan peliharaan yang rutin mandi atau terawat juga bisa mengurangi jumlah kutu di sekitar Anda.

6. Bersihkan rumah secara teratur.

Bersihkan rumah Anda setidaknya seminggu sekali. Jika Anda cenderung bersinggungan dengan debu, kenakan masker atau mintalah orang lain melakukan pembersihan.

7. Tutupi hidung dan mulut Anda jika dingin.

Jika asma Anda memburuk dengan udara dingin atau kering, kenakan masker wajah bisa membantu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini