nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas! Sering Foto Selfie Bisa Menyebabkan Epilepsi

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 02:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 15 481 1717134 awas-sering-foto-selfie-bisa-menyebabkan-epilepsi-V6oeZJ2Yvs.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

LAMPU flash pada kamera terkadang sering digunakan jika pencahayaan minim. Dengan menggunakan lampu flash, biasanya gambar akan menjadi lebih cerah. Tapi ternyata, penggunaan lampu flash pada kamera bisa menyebabkan epilepsy.

Baru-baru ini, seorang remaja perempuan di Kanada mengalami lonjakan dalam aktivitas otaknya seperti kejang setelah melakukan selfie. Seperti yang kita ketahui, selfie sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan untuk mengabadikan momen. Tidak sedikit, smartphone yang memiliki lampu flash untuk kamera depan.

Apa yang terjadi pada remaja perempuan asal Kanada itu karena adanya respons fotosensitif ketika berfoto menggunakan flash. Dokter mengatakan saat ini ada fenomena “selfie-epilepsy”, seperti yang dilansir dari Dailymail, Jumat (16/6/2017).

Sebuah studi baru-baru ini memgungkapkan, seseorang yang memiliki penyakit epilepsi fotosensitif bisa mengalami kejang-kejang yang disebabkan oleh lampu flash. Studi ini dilakukan oleh dokter anak di Dalhousie University, Kanada dan dipublikasikan dalam jurnal medis Seizure.

Para dokter mengamati lonjakan otak remaja untuk mengumpulkan informasi mengenai penyebab timbulnya kejang. Remaja perempuan yang mengalami kejang dibawa ke laboratorium dan dihubungkan ke alat electroencephalogram atau EEG.

Dokter melihat ketika melakukan selfie di ruangan gelap, kilatan lampu flash dan kilatan reduksi red-eye yang membuat mata berdenyut menyebabkan lonjakan tidak biasa di otak. Kejang yang terjadi pada remaja perempuan itu membuat dokter mengambil kesimpulan bahwa adanya respon fotosensitif terhadap selfie.

Hal itu merupakan gejala dari salah satu jenis epilepsi, yaitu epilepsy fotosensitifitas. Penyakit ini jarang terjadi, hanya 3% dari penyakit epilepsi yang terjadi. Orang yang menderita penyakit ini bisa mengalami kejang yang dipicu oleh kilatan cahaya, cahaya alami, bahkan pola visual. Epilepsi jenis ini sering ditemukan pada anak-anak dan remaja, dan menjadi berukurang seiring pertumbuhan.

Selain isu kepercayaan diri, ternyata terlalu banyak selfie juga tidak baik untuk kesehatan. Tak hanya menyebabkan epilepsi fotosensitif, terlalu sering selfie juga bisa membuat kulit keriput karena adanya radiasi elektromagnetik dari smartphone.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini