nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai Gejala Eksim yang Sering Tidak Disadari

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 06:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 15 481 1717208 waspadai-gejala-eksim-yang-sering-tidak-disadari-FNExuAAHni.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MENJAGA agar kulit selalu sehat dan bersih adalah keharusan siapa pun. Tak mengenal laki-laki atau perempuan, bila memiliki kulit sehat, tentunya jadi cerminan kepribadian yang bersih.

Mengabaikan kebersihan kulit, berarti Anda membiarkan bakteri bersarang dan menyebabkan masalah yang bisa saja serius. Banyak penyakit kulit yang terjadi karena kulit dibiarkan kotor dan tidak terawat. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah eksim. Masalah ini menyerang tak kenal usia.

Dilansir dari WebMD, titik eksim tidak bisa diprediksi sama sekali. Eksim bisa timbul di area apa pun bukan hanya bagian yang lembab atau yang jarang tersentuh. Rasa gatal yang berlebih tentunya akan menggangu aktivitas Anda. Gatal yang terjadi, bisa saja muncul sebelum ruam muncul.

Ruam itu sendiri biasanya akan muncul di area wajah, di belakang lutut, pergelangan tangan, tangan, atau kaki. Bahkan, bisa muncul di area lain yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Nah, terkait dengan ruam, daerah yang terkena biasanya terlihat sangat kering, menebal, atau bersisik. Pada orang berkulit terang, area ini awalnya mungkin tampak kemerahan dan kemudian menjadi coklat. Sedangkan, bagi orang berkulit gelap, eksim dapat memengaruhi pigmentasi, membuat daerah yang terkena lebih ringan atau lebih gelap.

Kemudian, khusus untuk bayi, ruam gatal bisa menghasilkan kondisi oozing atau crusting yang terjadi terutama pada wajah dan kulit kepala. Namun, bercak ruam bisa muncul dimana saja.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini