Mata Merah, Begini Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 15 481 1717230 mata-merah-begini-cara-mengatasinya-tanpa-obat-V2DrFC9bWi.jpg Ilustrasi (Foto: Readersdigest)

AKTIVITAS di luar ruangan mengharuskan Anda terpapar berbagai risiko. Mulai dari polusi udara, debu, sampai paparan sinar matahari. Debu menjadi hal yang paling mudahmemberi dampak bagi mata, sebut saja iritasi.

Iritasi mata biasanya membuat kondisi mata langsung memerah. Bila tidak segera diatasi dengan tepat, iritasi itu bisa saja bertambah parah dengan rusaknya jaringan mata karena goretan debu yang menempel di bola mata. Selain karena debu, mata merah juga bisa disebabkan karena mata terlalu kering dan terpapar sinar komputer atau radiasi elektronik.

Nah, dilansir dari WebMD, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan bila mata memerah. Yang perlu diingat, jangan pernah menguceknya. Sebab, keadaan mata akan semakin parah.

Cara mengatasi mata merah bisa dengan mengompresnya. Dengan kompres hangat atau dingin, keduanya sama-sama baik. Namun, hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih kompres tersebut adalah mengenali sumber penyebab mata merah Anda. Apa karena alergi atau infeski.

Bila mata Anda merah karena alergi, kompres dingin sangat direkomendasikan. Namun, bila mata merah disebabkan infeksi, jangan coba-coba pakai kompres dingin. Nanti mata menjadi lebih sulit sembuh. Pilihlan kompres hangat untuk menenangkan pembengkakan yang biasanya diikuti mata merah.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah memberikan kompres mata Anda itu ke orang lain. Sebab, sakit mata yang Anda derita bisa saja menyerang orang lain. Sebab, virus bakteri sakit mata ini sangat mudah menular. Kemudian, gunakan lah kain yang sangat bersih sebagai kompres Anda untuk meminimalisir penumpukan kuman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini