nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minuman Paling Tepat Gantikan Cairan Tubuh Setelah Berolahraga

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 21:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 15 481 1717255 minuman-paling-tepat-gantikan-cairan-tubuh-setelah-berolahraga-AoqNVViDKf.jpg Ilustrasi (Foto: Mortonsdairies)

MERASA letih usai berolahraga? Hal tersebut terjadi karena Anda menggunakan banyak energi di dalam tubuh dan mengeluarkan banyak cairan tubuh. Nah, hilangnya cairan tubuh ini yang membuat Anda merasa letih.

Banyak orang yang beranggapan, sekadar minum air putih sudah cukup untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut. Namun, dijelaskan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Rachmad Wishnu Hidayat, minuman yang paling tepat untuk pemulihan kondisi tubuh setelah berolaharaga adalah susu.

"Kami (semua ahli medis olahraga, Red) setuju, susu adalah sport drink yang paling tepat dibanding minuman lain," ucapnya saat diwawancarai Okezone di bilangan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 14 Juni 2017.

dr Wishnu melanjutkan, hal tersebut dikarenakan kandungan susu yang cukup lengkap, sehingga bisa dengan cepat menggantikan energi yang telah hilang sebelumnya. Di dalam susu, sambungnya, mengandung mineral, protein, dan air. "Kandungan tersebut yang tidak dimiliki banyak minuman lainnya. Sekali pun minuman isotonik," tegasnya.

Terkait dengan air kelapa murni, dr Wishnu menjelaskan itu juga baik. Namun, dikategorikan minuman alami. Kandungan yang dimiliki air kelapa tapinya tidak bisa mencukupi cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga. Jadi, dr Wishnu sangat merekomendasikan minum susu setelah berolahraga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini