nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Bedanya Tren Busana Lebaran di Indonesia dan Malaysia

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 12:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 16 194 1717730 ini-bedanya-tren-busana-lebaran-di-indonesia-dan-malaysia-OKMljBcEcL.jpg Hijabers (Foto: Shutterstock)

INDONESIA dan Malaysia sama-sama merupakan negara dengan penduduk Muslimnya yang besar. Tak heran bila Lebaran menjadi perayaan besar yang dirayakan oleh masyarakat di dua negara ini.

Bicara soal Lebaran tentu tidak terlepas dari pakaian yang akan dikenakan pada momen hari nan fitri. Indonesia dan Malaysia pun rupanya memiliki tren busananya tersendiri. Hal ini diungkapkan oleh desainer Oki Setiana Dewi yang memiliki dua butik di Indonesia dan Malaysia.

"Kalau di Indonesia sejak 2010 memang tren baju Lebarannya sudah mengarah ke syar'i, yakni satu set terdiri atas kerudung dan gamis. Itu masih tren sampai sekarang. Saya bahagia baju syar'i masih menjadi tren dan akan tetap menjadi tren sepanjang masa karena ini yang diinginkan Allah SWT dan rasulnya," papar Oki Setiana Dewi yang ditemui dalam acara MNC Fashion 'Hijab Fashion Parade' di kawasan Jakarta Pusat, kemarin.

Berbeda dengan Indonesia, tren busana Lebaran Malaysia adalah baju kurung dengan potongan two pieces atau atasan dan bawahan. Meski modelnya seperti gamis namun busana tersebut merupakan blus dan rok.

A post shared by OSD Malaysia (@osdmalaysia) on


"Konsep baju kurung atau two pieces ini memang tidak terkenal di Indonesia tetapi di Malaysia seleranya seperti itu," ujar wanita yang juga berprofesi sebagai seorang pendakwah ini.

Untuk jilbabnya, bila khimar dan atau kerudung-kerudung panjang syar'i cukup digemari di Indonesia, lain halnya dengan di Negeri Jiran. Wanita muslim Malaysia suka mengenakan kerudung instan dengan sebelah sisinya yang flowing (melambai).

Kendati demikian, baik masyarakat Indonesia dan Malaysia sama-sama memiliki persamaan terkait busana Lebaran. Apakah itu?

"Masyarakat Indonesia dan Malaysia sama-sama senang pakai baju Lebaran yang kompakan dengan keluarga," tutupnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini