FOOD STORY: Menyusuri Asal-usul Air Tebu Nostalgia Khas Provinsi Riau

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 16 298 1717905 food-story-menyusuri-asal-usul-air-tebu-nostalgia-khas-provinsi-riau-Czbu9V5aUr.jpg Air tebu (Foto:Ilustrasi/Goqii)

UNIK dan khas, itulah image yang melekat kuat pada kuliner khas Provinsi Riau. Dikatakan unik karena hampir seluruh makanan dan minuman tradisional di tempat ini memili nama yang terdengar sedikit aneh dan tidak biasa.

Sebut saja es laksamana mengamuk, es air mata pengantin, es lancang kuning, hingga es samudera. Namun ternyata, masih ada satu jenis minuman unik yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya yakni, air tebu nostalgia.

Sebagian besar orang pasti akan bertanya-tanya, apa makna dibalik nama air tebu nostalgia ini?

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Jumat (16/6/2017), pemilihan nama tersebut dimaksudkan agar siapapun yang meminumnya akan terus teringat dan bernostalgia dengan kesegaran air tebu nostalgia.

Untuk proses pembuatannya sendiri, minuman segar ini dibuat dari bahan utama air tebu. Kemudian dicampur dengan jahe dan kacang. Agar cita rasanya tak terlupakan, air tebu nostalgia juga biasanya ditambahkan isian kelapa muda, biji selasih, dan kacang tanah.

Nah, jika di Bulan Ramadan ini Anda berkesempatan mengunjungi Provinsi Riau, jangan lupa untuk mencicipi kesegaran air tebu nostalgia. Tidak sulit kok menemukan minuman ini. Pasalnya, air tebu nostalgia juga menjadi salah satu menu favorit masyarakat Riau untuk berbuka puasa.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini