Image

JELAJAH ISLAM: Unik! Masjid An Nurumi Berkubah seperti Lolipop

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 16 406 1718353 jelajah-islam-unik-masjid-an-nurumi-berkubah-seperti-lolipop-WfrsFHBZy9.JPG Masjid An Nurumi, Yogyakarta (foto: Instagram/@kmanazone)

JIKA biasanya masjid di Indonesia memiliki arsitektur yang mewah dan kubah yang besar dengan warna netral. Tapi, yang terjadi pada Masjid An Nurumi tidak demikian.

Kubah pada masjid yang berada di Yogyakarta tersebut tidak berbentuk seperti masjid pada Umumnya, dikutip dari AtlasObscura. Bentuknya lebih kecil dan tidak menempel langsung pada atap, melainkan berada di atas sebuah menara.

Tidak cukup sampai di situ keunikan Masjid An Nurumi, tapi pemilihan warna dan motif pada kubahnya pun tampak sangat mencolok. Warna-warna seperti biru, kuning, hijau, merah dan putih yang dipilih untuk menghiasi kubah masjid.

Warna-warna tersebut tidak dicat seperti biasa, tapi dibuat motif-motif yang tidak biasa, seperti garis-garis dan zig-zag dengan selingan warna yang membuat kubah dan menara masjid terlihat layaknya lolipop atau permen gagang.

Bangunan masjid juga tidak terlihat seperti masjid, tapi justru terlihat seperti rumah mewah dengan pintu berada di depannya. Warna yang dipilih untuk cat masjid pun menggunakan warna netral, tidak seperti menara dan kubahnya.

Oleh karena bentuk kubah dan warnanya yang tidak biasa, membuat Masjid An Nurumi disebut mirip dengan Katedral St. Basil, dan memberi kesan pada pengunjung serta jamaahnya seperti sedang berada di Moskow.

. . Berpuasa Mampu Melatih Kesabaran. . . "Orang yang bahagia adalah mereka yang beristighfar meminta ampun dari aib-aibnya (baca: kemaksiatan) dan bersabar ketika mendapat musibah-musibah . Sebagaimana tersebut dalam firman Allah SWT berfirman: فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّاسْتَغْفِرْ لِذَنْۢبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْاِبْكَارِ . "Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampun untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi." (QS. Ghafir 40: Ayat 55) . Sedangkan orang yang sengsara adalah mereka yang berkeluh kesah ketika datang musibah dan beragumen dengan takdir Allah atas aib-aibnya (kemaksiatan) . Semoga Bermanfaat.. Selamat Berpuasa .... . Barakallahu Fiikum.. 😊 . . . #Jumat #jumatberkah #masjid #mosque #MasjidAnNurumi #photo #photography #ramadhan #sabar #AnNurumi

Sebuah kiriman dibagikan oleh Three .A (@kmanazone) pada Jun 15, 2017 pada 11:58 PDT

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini