nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahraga Berkuda Bisa Bantu Penyembuhan Stroke

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 17 Juni 2017 08:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 17 481 1718504 olahraga-berkuda-bisa-bantu-penyembuhan-stroke-tGHlr45Hgl.jpg Ilustrasi (Foto: Lifestriders)

STROKE menjadi ancaman serius bagi siapa pun. Mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi memiliki risiko yang lebih besar. Diketahui, penyakit tersebut menjadi salah satu penyakit terbanyak menyerang manusia.

Penyembuhan stroke dengan terapi banyak dilakukan. Yang terbaru, didapatkan bahwa dengan berkuda, bisa membantu penyembuhan stroke.

Dalam riset tersebut, didapatkan hasil langkah lembut kuda dapat membantu penderita stroke mendapatkan kembali mobilitas dan keseimbangan yang hilang setelah serangan otak yang terjadi pada dirinya. Penelitian dilakukan pada penderita stroke yang tidak memiliki cacat berat.

Tetapi, mereka memiliki masalah dengan fungsi penting seperti keseimbangan, berjalan, dan memori. Dr Daniel Lackland menyatakan, dengan berkuda, pasien yang sudah menderita stroke lama pun bisa mendapatkan kembali fungsi tubuhnya. Tapi, berkuda hanya menjadi pemulihan stroke jangka pendek.

Pernyataan sependapat juga diutarakan Senior Dokter Penelitian dr Michael Nilsson. Menurutnya, pesan yang harus diresapi adalah tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki fungsi tubuh. Hal tersebut disebabkan sistem otak manusia yang sangat baik.

Rehabilitasi stroke dimulai segera setelah pasien dinyatakan stabil. Keparahan pasien sangat tergantung pada kerusakan tubuh yang disebabkan stroke. Dia melanjutkan, pada beberapa kasus, pasien diharuskan untuk terapi fisik untuk mencoba mendapatkan kembali motorik tubuhnya. Namun, di lain kasus, pasien membutuhkan terapi bicara dan bahasa.

Terkait dengan berkuda, Dr Lackland menyatakan, tidak diketahui apakah pendekatan konvensional yang sama itu bisa membantu setiap fase penderita stroke pada proses pemulihan. Padahal, kata dia penderita stroke biasanya tidak melanjutkan rehab untuk jangka waktu yang panjang.

Penelitian mengenai menunggang kuda ini merujuk pada gerakan kuda yang mampu memberi pengalaman sensor motorik yang serupa dengan perjalanan manusia normal. Selain itu, dengan berkuda, melibatkan manusia secara mental dan sosial.

Setelah 6 bulan proses penelitian, diketahui pasien yang menjalani terapi menunjukan keseimbangan dan mobilitas yang lebih baik, dibanding dengan kelompok yang tidak melakukan terapi. Setelah 6 bulan itu juga, 56% di kelompok penunggang kuda percaya bahwa pemulihan stroke mereka telah berkembang. Berbeda dengan perawatan standar yang kemajuannya hanya berkisar 22%.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini