Bahaya Ibu Hamil Sering Minum Soda

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 17 Juni 2017 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 17 481 1718505 bahaya-ibu-hamil-sering-minum-soda-y7YEfoqtvK.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BAYI yang lahir dari seorang ibu yang doyan konsumsi minuman bersoda selama kehamilannya, cenderung mengalami obesitas di usia 7 tahun. Maka, Anda harus mencegah konsumsi minuman manis itu karena banyak risikonya.

Sebab, anak-anak yang mengalami obesitas diketahui dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di masa dewasa. Termasuk diabetes, penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

"Temuan kami menunjukkan bahwa minuman dengan pemanis buatan dan bersoda, jika dikonsumsi selama hamil bisa membahayakan janin saat dilahirkan," ujar Ahli Anak Zhang Cuilin, dari Eunice Kennedy Shriver.

Tak hanya itu, penelitian ini juga muncul dalam International Journal of Epidemiology. Anak-anak yang lahir dari ibu yang suka minum soda, 60% mengalami obesitas.

Untuk studi tersebut, tim menganalisis data dari lebih dari 900 wanita hamil. Bahkan, di antara mereka yang mengalami diabetes gestasional.

Minuman bersoda yang dikonsumsi selama kehamilan juga tak hanya bahaya bagi anak. Seorang ibu juga bisa mengalami kegemukan sewaktu hamil, yang seharusnya bisa dicegah. Demikian dilansir Boldsky, Sabtu (17/6/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini