Image

Seruput Teh Beras Merah, Minuman Unik Khas Jatiluwih Bali

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 18 Juni 2017, 09:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 18 298 1719030 seruput-teh-beras-merah-minuman-unik-khas-jatiluwih-bali-u3kUUpc5wz.jpg Teh Beras Merah (Foto: Devi/Okezone)

BERAS biasanya diolah menjadi nasi, tepung atau bahan pembuatan makanan, tapi ternyata beras tak hanya bisa dimakan tapi juga bisa diminum. Di Bali ada satu desa yang menjadikan beras merah sebagai salah satu minuman tradisional.

Tepatnya di desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, Bali, beras merah diolah jadi teh yang rasanya berbeda dengan teh di manapun. Bahan baku pembuatan teh ini adalah beras merah organik yang dipanggang secara tradisional dengan cara disangrai.

I Nengah Sutirtayasa, salah satu pengusaha restoran sekaligus putra asli Jatiluwih membeberkan proses pembuatan teh beras merah. Prosesnya terbilang simpel dan sederhana namun hasilnya layak dijajarkan dengan berbagai teh berkualitas premium lainnya.

"Teh beras merah organik ini jadi produk tradisional yang kita gencarkan produksinya. Setiap orang yang berkunjung ke Jatiluwih harus coba teh ini," kata pria yang akrab disapa Bli Tirta ini saat ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

Pria ramah ini menjelaskan langkah pertama, beras merah harus disangrai hingga harum dan kering kemudian diangkat dan didinginkan. Setelah dingin, teh bisa langsung diseduh menggunakan air panas dan didiamkan selama beberapa menit hingga warna air menjadi coklat dan kental.

Setelah itu, teh bisa langsung diseruput. Teh beras merah lebih nikmat saat diminum hangat-hangat. Apalagi suhu di Jatiluwih yang relatif rendah membuat orang membutuhkan minuman hangat.

Selain nikmat di minum, teh beras merah ini memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai antioksidan yang siap menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini