Image

KAYA REMPAH: Bunga Pekak, Kapulaga hingga Andaliman, Yuk Lebih Jauh Mengenal Rempah Indonesia

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 18 Juni 2017, 11:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 18 298 1719052 kaya-rempah-bunga-pekak-kapulaga-hingga-andaliman-yuk-lebih-jauh-mengenal-rempah-indonesia-ABaQHr4ILa.jpg Mengenal rempah-rempah khas Indonesia (Foto:Navahealth)

INDONESIA memiliki ragam bumbu dan rempah yang sangat kaya sehingga makanan yang dihasilkan juga lebih kaya rasa.

Kuliner khas Indonesia seperti rendang padang, gulai, naniura yang merupakan kuliner khas Batak, bahkan hingga nasi liwet khas Solo menggunakan banyak rempah-rempah yang memperkaya dan melezatkan cita rasanya.

Banyak bumbu dan rempah yang ternyata belum diketahui oleh masyarakat luas. Yuk, Kita kenali berbagai rempah Indonesia yang kerap digunakan saat membuat masakan.

 

Pekak/kembang lawang


Dalam dunia kuliner, bunga tak hanya indah dipandang mata, namun juga bisa digunakan sebagai penyedap masakan. Pekak atau kembang lawang digunakan dalam banyak masakan dan produk bumbu masakan. Dalam kuliner Indonesia pekak memang tak sepopuler lada atau cengkih tapi rempah berbentuk cantik ini cukup popular pada masakan khas China, Thailand, Jepang dan Vietnam. Penggunaan pekak bisa ditambahkan langsung ke dalam masakan ataupun dengan cara dihaluskan.

Adas Manis

 

Adas manis juga merupakan rempah asli Indonesia yang berbentuk bunga. Rempah ini memiliki cita rasa manis dan aroma yang khas. Penggunaan adas manis sebagai rempah sudah dilakukan sejak lama, aroma adas manis yang harum dan khas membuat masakan semakin menggugah selera makan. Adas manis tidak hanya digunakan pada masakan, tetapi masyarakat kerap menambahkan pada minuman misalnya pada teh.

Kapulaga

A post shared by Jamalsudiono (@jamalsudiono28) on Jun 17, 2017 at 1:46am PDT


Kapulaga berasal dari tumbuhan sejenis tanaman jahe. Yang diambil dari tanaman kapulaga ini adalah bijinya. Biji kapulaga yang telah dikeringkan kerap digunakan dalam masakan terutama di daerah Sumatera. Tak hanya bermanfaat memberi rasa pada masakan, kapulaga juga kerap dijadikan campuran dalam jamu tradisional. Ssssttt, kapulaga termasuk rempah termahal ketiga di dunia loh setelah saffron dan vanilla.

Andaliman

A post shared by Grace Grace (@grace_2209) on Apr 16, 2017 at 2:04am PDT


Andaliman termasuk salah satu bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit buah suku jeruk-jerukan. Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan batak sehingga banyak orang menyebutnya sebagai merica batak. Andaliman memiliki aroma yang lembut namun kuat yang menghasilkan sensasi mati rasa di lidah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini