nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Sengaja Minum Air Mineral Expired, Bahayakah?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 18 Juni 2017 19:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 18 481 1719291 tak-sengaja-minum-air-mineral-expired-bahayakah-pBN84SThMp.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

SAAT berbuka puasa di pinggir jalan dan membeli minum di warung atau pedagang kaki lima, tanpa memeriksa tanggal kadaluarsanya. Bagaimana jika air mineral yang Anda minum sudah habis tanggal kadaluwarsanya?

Jangan panik! Ada beberapa alasan mengapa air mineral diberi tanggal kadaluarsa. Dilansir dari Live Science, Minggu (18/6/2017), berikut alasan air mineral diberi tanggal kadaluarsa.

1. Birokrasi pemerintah adalah alasan utama mengapa air mineral diberi tanggal kadaluarsa. Undang-undang mewajibkan tanggal kadaluwarsa pada semua makanan konsumsi dan pada semua bahan habis pakai.

2. Botol plastik pada akhirnya akan melepaskan zat kimianya ke dalam air. Tapi tenang, tidak akan membuat air beracin tapi, bisa membuat rasa segar air berkurang.

3. Selanjutnya, banyak perusahaan menggunakan mesin yang sama untuk botol soda dan minuman lain dalam penomoran kadaluwarsa. Lebih mudah dan lebih efisien untuk memberi cap pada semua botol (baik dibutuhkan atau tidak) daripada hanya mengkhususkan satu mesin khusus hanya untuk air kemasan.

4. Tanggal kadaluwarsa biasanya hanya satu elemen dari kode cetak yang juga mengidentifikasi tanggal, pabrik pembotolan, dan informasi lainnya. Meskipun tanggal kadaluwarsa itu sendiri tidak ada artinya untuk air mineral, informasi manufaktur dapat berguna untuk melacak kontaminasi, kesalahan pembotolan atau penarikan produk.

Mengonsumsi air mineral yang sudah kadaluwarsa ternyata tidak berbahaya dan tidak membahayakan kesehatan tubuh. Biasanya, rasa air saja yang akan sedikit berubah jadi tidak terlalu segar. Minuman yang mengandung gula atau garamlah yang bisa berbahaya bila masih dikonsumsi jika tanggal kadaluwarsanya sudah habis.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini