Image

Mau Pakai Kaftan saat Lebaran? Simak Do and Don'ts-nya Berikut Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 14:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 19 194 1719715 mau-pakai-kaftan-saat-lebaran-simak-do-and-don-ts-nya-berikut-ini-mIsE3aj6IO.jpg Kaftan (Foto: Heru Haryono)

KAFTAN masih menjadi busana muslim favorit untuk merayakan Hari Raya Lebaran. Nah, bagi Anda yang masih menjadikan kaftan sebagai pilihan busana Lebaran tahun ini, simak do and don'ts yang perlu diketahui saat menggunakan kaftan berikut ini, seperti dilansir Etcfblog, Senin (19/6/2017).

Jangan mengenakan kaftan sifon tembus pandang saat Hari Raya

Kaftan dengan material sifon tembus pandang atau transparan akan terlihat kurang sopan saat digunakan di Hari Raya. Meski Anda akan memilih alternatif menggunakan tanktop, legging, atau manset, tetap saja detail kaftan berbahan sifon yang ramai hanya di bagian depan tak bisa menutupi pakaian dalam.

Belum lagi dengan bentuk tubuh pemakainya di bagian belakang. Solusinya, sebaiknya tambahkan kerudung atau selendang pada penampilan Anda. Atau pilih kaftan yang tidak tembus pandang, seperti satin atau katun.

Tidak semua model kaftan cocok untuk semua jenis bentuk tubuh

Model kaftan yang berpotongan lurus dan 'oversized' tak selalu cocok untuk beberapa bentuk tubuh. Bila Anda memiliki postur tubuh pendek, kaftan panjang model gamis akan membuat Anda terlihat semakin kecil.

Bila Anda memiliki bentuk tubuh yang gemuk dengan payudara besar, detail kaftan yang ramai pada bagian dada justru membuat dada Anda terlihat semakin penuh dan menjadi sorotan. Sementara, bagi Anda yang bertubuh mungil, bisa menggunakan high heels saat mengenakan kaftan.

Aturan penggunaan aksesori

Bila model kaftan Anda sudah penuh detail di bagian dada dan tangan, sebaiknya Anda tak perlu menggunakan aksesori. Menambahkan kalung atau gelang emas, misalnya, hanya akan membuat tampilan terlihat penuh dan berlebihan. Bagi Anda yang bertubuh mungil, kenakan sepatu hak tinggi bisa jadi pilihan saat mengenakan kaftan.

Hindari memakai warna serupa antara kaftan dan kerudung

Saat mengenakan kaftan berwarna hitam, hindari menggunakan jilbab warna hitam pula atau Anda akan terlihat seperti akan pergi ke pemakaman. Usahakan untuk tidak memakai warna serupa antara kaftan dan kerudung. Lebih baik pilih warna kerudung yang senada dengan aksen bordiran atau hiasan batuan dan manik-manik pada kaftan.

Pakai turban

Bila kaftan kembali menjadi pilihan Anda untuk busana lebaran, padankan kaftan dengan turban untuk penampilan yang modis. Atau bisa pula mencoba kaftan dengan corak tertentu, seperti batik atau tribal, dibandingkan material polos, seperti sifon, silk, dan katun.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini