Image

Waspada Kulit Dehidrasi saat Berpuasa, Kenali Tanda-tandanya!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 09:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 19 194 1720199 waspada-kulit-dehidrasi-saat-berpuasa-kenali-tanda-tandanya-43hcMKQWVX.jpg Kulit kering (foto: Wikihow)

DALAM beraktivitas, setiap harinya kulit dapat terpapar polusi, bahaya sinar matahari, cuaca tidak menentu, dan radikal bebas yang menyebabkan kulit mudah stress hingga kehilangan kadar air dan kelembapan alaminya.

Di saat inilah kondisi kulit sedang mengalami gangguan, sehingga kandungan kadar air dalam kulit tidak optimal atau biasa disebut kulit dehidrasi. Potensi kulit mengalami dehidrasi meningkat pada saat seseorang berpuasa.

Di mana kadar air dalam tubuh berkurang secara drastis lantaran selama lebih dari 12 jam orang tersebut tidak minum.

Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar bila kulitnya mengalami dehidrasi. Lantas, seperti apa tanda-tanda kulit yang mengalami dehidrasi?

"Pertama, kulitnya terlihat kusam. Kedua, kalau dehidrasinya parah kulit bisa bersisik. Ketiga, kulit mengalami kemerahan sehingga teksturnya sedikit kasar. Keempat, muncul rasa tidak nyaman atau kalau cuci muka kulitnya jadi terasa tidak nyaman," papar dokter spesialis kulit dan kelamin Jonathan Raharjo Subekti di Jakarta, Selasa 19 Juni 2017.

Kondisi kulit dehidrasi ini biasanya bersifat sementara. Namun, dapat terjadi pada segala jenis kulit, baik pada kulit kering, normal, kombinasi, maupun berminyak.

Kendati demikian, ada beberapa orang yang rentan mengalami kulit dehidrasi. Salah satunya adalah orang lanjut usia di mana kadar air dan kelembapan alami pada kulitnya mulai berkurang.

"Wanita juga rentan mengalami kulit dehidrasi karena lebih sering bersentuhan dengan bahan-bahan pembersih. Kemudian, mereka yang memiliki kelainan kulit, seperti eczeme, lupus; mereka yang mengidap penyakit lain, seperti diabetes, tiroid, HIV, serta mereka yang mengalami stress," terang dokter yang melakukan praktek di sebuah rumah sakit di kawasan Bintaro Jaya, Tangerang.

Lebih lanjut, dr Jonathan menyarankan untuk menjaga kulit agar tetap dalam performa terbaiknya. Keseimbangan kadar air dalam kulit berperan penting dalam menjaga fungsi utama kulit sebagai pelindung tubuh dari lingkungan luar dan menjaga kadar air dalam tubuh.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini