Image

KAYA REMPAH: Tanaman Unji Khas Lahat Miliki Beragam Nama dan Beragam Manfaat

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 19 298 1719902 kaya-rempah-tanaman-unji-khas-lahat-miliki-beragam-nama-dan-beragam-manfaat-0jzANhtEqC.jpg Ilustrasi Rempah-Rempah (foto: Shutterstock)

TANAMAN kerap dijadikan rempah penyedap masakan. Lengkuas, kunyit, jahe, dan kencur merupakan rempah-rempah yang sering kali kita temui di dapur yang ada di rumah. Namun, bagaimana dengan unji?

Tahukah Anda apa itu unji? Unji merupakan sejenis tumbuhan rempah yang memiliki bunga, buah dan biji yang dapat dimanfaatkan semuanya. Unji atau honje, dapat digunakan sebagai bumbu masakan, dan sambal, dikutip dari laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat, Senin (19/6/2017).

Jangan khawatir soal rasa, karena unji ditambahkan agar cita rasa masakan dan sambal semakin sedap dan terasa. Di daerah yang dipimpin oleh Aswari Rivai ini, unji dicampurkan sebagai bumbu ikan yang dimasak kuning khas Lahat dan sambal mentah.

(foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat)

Selain jadi campuran bahan masakan, ternyata unji bisa bermanfaat juga untuk obat herbal. Penyakit yang bisa disembuhkan unji ialah panas dalam dan penyakit kulit.

Tanaman unji ini jika sudah tua, akan terlihat seperti jahe atau lengkuas. Batangnya mirip dengan lengkuas, tapi memiliki buah.

Kalau digunakan untuk campuran sambal, unji yang dipakai bukanlah buahnya, tapi umbutnya. Umbut adalah ujung batang yang masih muda dan lunak. Umbut batang dari ujung yang paling muda.

Namun, umbut tidak boleh langsung digunakan, umbut harus dipanggang dulu baru dicampurkan ke sambal, lalu tambah cabai dan garam secukupnya agar rasa sambal semakin menggugah selera.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini