Image

FOOD STORY: Mengenal Asidah, Kue Unik Khas Riau yang Disantap Bersama Bawang Goreng

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 08:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 19 298 1720029 food-story-mengenal-asidah-kue-unik-khas-riau-yang-disantap-bersama-bawang-goreng-4l5VPjnoHS.jpg Asidah kue khas Riau (Foto:Pictaram)

BAGI Anda yang bukan berasal dari Pekanbaru, Riau, mungkin masih asing mendengar makanan yang satu ini. Asidah merupakan salah satu makanan tradisional khas Riau yang kini sudah mulai jarang di temui.

Makanan ini terbuat dari perpaduaan tepung terigu dengan rempah-rempah seperti kayu manis, daun pandang, hingga cengkeh. Asidah memiliki tekstur yang lembut dengan sensasi rasa manis nan khas.

Keunikan asidah terletak pada teknik penyajiannya. Masyarakat Riau biasanya menyantap asidah dengan menambahkan bawang goreng sebagai topping. Meski terdengar sedikit aneh kombinasi rasa manis dan bawang goreng ternyata menghasilkan rasa yang nikmat.

Konon katanya, pada zaman dulu asidah merupakan panganan khusus raja dan disajikan pada acara tertentu saja. Mulai dari acara antarkue (prosesi adat istiadat pernikahan di Baturijal), bisa juga untuk acara kenduri, syukuran, tunangan, dan hari raya besar.

Selain itu, ada aturan khusus jika ingin menyantap kue lezat ini. Anda harus menyantap asidah dimulai dari bagian bawah, karena jika diambil langsung dari bagian atas dianggap Anda dapat dianggap tidak sopan. Demikian dilansir Okezone dari berbagai sumber.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini