Image

JELAJAH ISLAM: Terpukau Desain dan Arsitektur Masjid Divriği di Turki

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 11:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 19 406 1719465 jelajah-islam-terpukau-desain-dan-arsitektur-masjid-divri-287-i-di-turki-Q7cide72Sx.JPG Masjid Divrigi di Turki (foto: Instagram/@sivascity)

KEISTIMEWAAN Masjid Divriği tampak bahkan sejak wisatawan melihatnya dari kejauhan. Struktur desain arsitektur, dan interiornya sangat unik hingga bisa memukau mata.

Dirancang oleh arsitek Hurrem Shah dari Ahlat pada 1228, membuat Masjid Divriği menjadi salah satu masjid tertua di Turki. Masjid Divriği juga merupakan bangunan pertama di Turki yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia, sebagai aset budaya pada 1985 yang tertulis di dinding rumah sakit dan makam di dekat masjid.

Dilansir dari Turkishculture, masjid tersebut terkenal dengan arsitektur monumentalnya dan dekorasi ukiran batu tradisional Anatolia. Masjid dengan 2 kubah ini juga memiliki sebuah rumah sakit yang berada di sampingnya.

Ciri unik dari arsitektur Masjid Divriği ialah dinding yang sama sekali tidak memiliki hiasan layaknya masjid pada umumnya. Hanya dinding batu alami yang berwarna kecokelatan.

Walau semua bangunan masjid dan rumah sakit hanya berwarna kecokelatan dan terbuat dari batu. Tapi, justru di sinilah keunikan dan keistimewaan kedua bangunan tersebut.

Pada dinding terdapat banyak ukiran-ukiran yang menakjubkan dan rumit untuk dimengerti tapi terlihat sangat menakjubkan. Bentuk-bentuk dari ukiran itu berbeda-beda di setiap sisi membuat interior masjid dan rumah sakit menjadi semakin khas.

Lisedeki tarih hocalarıma selam olsun... #divriği

A post shared by esraecey (@esraecey) on May 27, 2017 at 3:18am PDT

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini