Image

Borobudur & Prambanan Berbenah, Cek Wahana Baru dan Atraksinya di Sini

Prabowo, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 15:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 19 406 1719726 borobudur-prambanan-berbenah-cek-wahana-baru-dan-atraksinya-di-sini-GIBBe7jSMe.jpg Candi Borobudur (foto: Shutterstock)

CANDI Borobudur, Prambanan & Ratu Boko berbenah jelang Lebaran. Mereka ingin memastikan target 500.000 kunjungan wisatawan selama peak season libur Lebaran mulai 22 Juni hingga 2 Juli 2017 betul-betul terwujud.

Beragam wahana baru serta paket-paket hiburan telah disiapkan. Selama 11 hari, pengunjung Borobudur tak hanya disuguhi kemegahan candi, tapi juga aktraksi seni dan budaya seperti bregodo, punokawan, dan juga spot foto payung teduh berlatar belakang Candi Borobudur.

"Ada wahana menarik seperti kereta taman, andong wisata, kuda tunggang, sepeda wisata, paket wisata desa dengan VW, dapur foto tempo dulu, jemparingan dan sebagainya," ujar Chisnamurti, Kepala Unit Candi Borobudur.

(foto: Prabowo/Okezone)

Ihwal target kunjungan wisatawan, Ricky Siahaan, Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, mengatakan,”Kita menargetkan jumlah pengunjung lebih dari 500.000 selama peak season mulai 22 Juni hingga 2 Juli 2017 ini."

Untuk Candi Borobudur, kata dia, ditargetkan jumlah pengunjung sebanyak 316.792 orang. Jumlah itu terjadi kenaikan 8 persen dari tahun lalu.

Adapun untuk objek wisata Candi Prambanan ditarget ada 196.250 pengunjung selama 11 hari. Jumlah itu meningkat 10 persen dari tahun lalu. Guna mencapai target ini, Ricky menyampaikan pihaknya telah menyiapkan ragam wahana wisata tambahan seperti musik anak, akustik, jatilan, prajurit, kampung dolanan, batik kayu, keroncong, koes plus-an, cokean, badut si kera putih hanoman, hingga workshop batik yang melegenda.

Sementara untuk spot Ratu Boko ditargetkan bakal meraup 31.938 kunjungan, dengan perhitungan terjadi kenaikan 10 persen di atas relaksasi tahun lalu.

Guna memastikan prediksi tersebut terwujud, sejumlah pertunjukan musik seperti campursari, srandul, gejug lesung, cokean, wanara, keroncong, elektone, dan lainnya bakal disajikan untuk menyemarakan libur Lebaran tahun ini.

Dalam kaitan ini, PT TWC juga memaksimalkan unit teater pentas dan transportasi. Pengelola Sendratari Ramayana Ballet menargetkan jumlah wisatawan sebanyak 4.275 orang.

"Selama masa ramai mulai tanggal 26-30 Juni secara terus menerus. Kita mengemas extra show 26-29 Juni dengan beragam tarian seperti tari rampak wanara, tari kidang, tari kukilo, tari lutung, dan tari prawiroguna," timpal Des Widodo, Kepala Unit Teater Pentas dan Transportasi PT TWC.

Sajian wahana baru serta atraksi-atraksi menarik di atas tentu tak akan ada maknanya tanpa didukung rasa aman wisatawan. Untuk itu, PT TWC telah mengandeng TNI dan Polri dalam pengamanan selama libur Lebaran. Pengunjung di Candi Borobudur tak hanya diperiksa barang bawaan oleh petugas dari pihak taman, tapi juga aparat keamanan.

"Kan tidak boleh membawa minum-minuman keras di zona area candi, narkoba juga tidak boleh, senjata tajam, cat semprot dan lainnya. Borobudur itu warisatan budaya yang harus kita jaga dan dirawat sebaik-baiknya," katanya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini