Image

Catat, 7 Poin Ini Biar Mudik Jadi Asyik dan Selamat

Agregasi Majalah Popular, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 22:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 19 406 1720166 catat-7-poin-ini-biar-mudik-jadi-asyik-dan-selamat-BSlIQ0mO00.jpg Mudik Lebaran (Foto: Popular)

TAK jarang kita dengar atau baca di berita, kecelakaan lalu lintas sering terjadi di musim mudik Lebaran. Penyebabnya rata-rata adalah ketidakdispilinan dalam berlalu lintas dan kurangnya persiapan matang sebelum mudik. Nah, untuk hindari hal-hal yang tak diinginkan, cek 7 hal di bawah ini:

Kondisi kendaraan

Anda harus siapkan kendaraan hingga ke bagian detail. Cek kondisi semua ban kendaraan, radiator, mesin dan nyaris semua yang bisa bikin mobil mogok. Jelas ini karena mogok di tengah jalan jadi hal yang nggak enak!

Jangan konsumsi obat yang bikin kantuk

Tak dianjurkan minum obat-obatan atau minuman yang sebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi. Jika mengemudi, istirahatlah selama 15 menit setiap empat jam (Disesuaikan dengan kondisi badan yang beda-beda). Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.

Disiplin berkendara

“Disiplin dan patuh rambu lalu lintas, kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk, kendaraan tidak melebihi muatan yang layak, dan pakai masker dan lindungi diri dari polusi udara,“ kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, dikutip Antara.

Makan dan minum sehat

Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan, konsumsi makanan dan minuman yang sehat sangat penting. Plus, buanglah sampah pada tempatnya, tak buang air kecil-besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia dan bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

Bawa obat-obatan

Selain itu bawalah obat-obatan pribadi guna mengantisipasi kambuhnya penyakit di perjalanan atau di kampung halaman. Ini meminimalisasi risiko dari serangan penyakit, sehingga obat yang biasa dikonsumsi maka bisa diantisipasi tanpa harus ke dokter atau rumah sakit.

Telepon 119!

Kita yang alami gangguan kesehatan di perjalanan maupun di kota atau kampung halaman bisa manfaatkan layanan kesehatan Call Center “119” yakni akses layanan kesehatan 24 jam. Dengan menekan 119 maka akan terhubung ke operator layanan kesehatan itu yang saat ini telah terkoneksi di lebih dari 3500-an jaringan 119 seluruh Indonesia.

Manfaatkan posko mudik

Selain itu, posko pengamanan dan posko kesehatan di sepanjang jalur mudik bahkan di kota-kota tujuan mudik, juga perlu dimanfaatkan. Lengkapi diri dengan brosur panduan mudik yang biasanya mencantumkan rute mudik, juga nomor-nomor bantuan yang bisa diakses seperti kantor polisi, rumah sakit, Puskesmas, SPBU, Dinas Perhubungan, Orari, Jasa Raharja serta lainnya. Sudah siap mudik?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini