Image

Tips Menyiasati Kemacetan di Jalur Mudik Jawa Barat

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 07:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 19 406 1720223 tips-menyiasati-kemacetan-di-jalur-mudik-jawa-barat-ZamYQe1RMz.jpg Ilustrasi Mudik (foto: Okezone)

DALAM waktu kurang dari seminggu, umat muslim di dunia akan menyambut hari kemenangan. Masyarakat Indonesia pun akan melakukan mudik ke kampung halaman demi menjalin silaturahmi dengan keluarga.

Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat tentu akan dipadati pemudik mulai kemarin hingga lebaran tiba.

Bandung, Ciamis, Kuningan, Indramayu, Sumedang, Subang, dan Garut menjadi jalur utama yang dilalui mudikers dari Jakarta, Bogor dan Banten. Jumlah kendaraan ketika mudik pun tak terhingga dan tak jarang membuat kemacetan panjang.

Nah, untuk antisipasinya, yuk intip tips menyiasati kemacetan di jalur mudik Jawa Barat.

Berangkat Siang Hari

Perjalanan mudik menuju kawasan Bandung, dan sekitarnya lebih baik dilakukan saat siang hari. Sebab, jika Anda mengendarai mobil jalur Tol Cipularang sudah mulai dipadati pengunjung, dan biasanya sudah mulai ramai di hari ketiga sebelum Lebaran.

Menghindari Jalur Tol

Jalur tol jika dimanfaatkan sebelum berbulan puasa memang nyaman dan terhindar dari kemacetan. Namun, ini tidak akan berarti ketika mudik, setiap inci perjalanan jalur mudik di Tol Cipularang dan Cipali akan macet hingga 18 jam lebih. Untuk itu, cobalah mengambil alternatif lain melalui Puncak, Jonggol atau Karawang.

Antisipasi Kemacetan di Nagreg

Saat Anda ingin menuju Garut, Kuningan, hingga Ciamis Jalur Nagreg akan menjadi jalur utama perjalanan Anda. Dan, kemacetan di sana sudah tidak akan tertahan lagi. Untuk antisipasinya lebih baik pergi saat dini hari dan akan tiba di destinasi tujuan subuh keesokan harinya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini