Image

Siapa Saja yang Berisiko Tinggi Terserang Sleep Apnea?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 14:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 19 481 1719753 siapa-saja-yang-berisiko-tinggi-terserang-sleep-apnea-AUoCBh8tqL.jpg Ilustrasi (Foto: Drreinmiller)

TIDUR menjadi aktivitas yang wajib dilakukan setiap makhluk hidup. Dengan tidur, tubuh dibiarkan beristirahat untuk mendapatkan energi dan kebugaran kembali setelahnya. Bila tidur itu tidak berkualitas, risiko penyakit malah akan menyerang Anda.

Seperti kematian bintang film "Star Wars" Carrie Fisher, yang diketahui dipengaruhi masalah tidur. Ya, sleep apnea disinyalir menjadi penyebab utama Carrie menghembuskan napasnya.

Masalah ini terjadi ketika Anda sulit untuk bernapas, sehingga aliran oksigen tidak bisa masuk ke paru-paru. Faktor penghambat pernapasan tersebut banyak jenisnya. Salah satunya adalah dengan tidur telentang. Sebab, lidah akan menutupi ruang bernapas, sehingga tubuh tidak bisa menghirup udara dan akhirnya tidak ada asupan oksigen yang masuk.

Terkait dengan risiko masalah, dilansir dari Webmd, penderita Sleep Apnea tidak mengenal usia dan bisa terjadi pada siapa pun. Namun, ada beberapa faktor penting seseorang bisa mengalami gangguan pernapasan saat tidur ini. Berikut di antaranya:

1. Laki-laki

2. Kelebihan berat badan

3. Sudah berusia di atas 40 tahun

4. Memiliki ukuran leher yang besar (17 inci atau lebih tinggi pada pria dan 16 inci atau lebih besar pada wanita)

5. Memiliki amandel besar, lidah besar, atau tulang rahang kecil

6. Memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami masalah Sleep Apnea, Refluks gastroesophageal, atau GERD

7. Seseorang yang mengalami penyumbatan hidung akibat septum menyimpang, alergi, atau masalah sinus

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini