Image

Awas, Camilan Manis saat Lebaran Bisa Merusak Gigi

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 18:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 19 481 1720037 awas-camilan-manis-saat-lebaran-bisa-merusak-gigi-6OyPDNLIMl.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

MAKANAN manis selalu melimpah untuk anak-anak di saat Lebaran. Salah satu camilan manis ketika lebaran adalah buah kering manis.

Tapi, sayangnya buah kering manis termasuk camilan yang tidak sehat. Bahkan, buah kering tidak lebih sehat dari keripik.

Walaupun keripik tidak baik dikonsumsi terlalu banyak oleh anak-anak karena mengandung tambahan gula dan MSG, tapi ternyata lebih baik dibandingkan buah kering seperti kismis. Dokter gigi telah memperingatkan, buah kering lebih merusak gigi dibandingkan makanan ringan yang berlemak.

Dilansir dari Dailymail, Senin (19/6/2017), menurut ahli gigi, orangtua lebih baik membiarkan anak-anaknya mengunyah keripik daripada kismis karena lebih baik untuk gigi. Mungkin banyak orangtua yang lebih memilih membekali anak mereka dengan buah-buahan kering agar mendapatkan makanan yang seimbang.

Namun ternyata kismis memiliki efek lengket yang menempelkan gula ke gigi. Berita ini muncul setelah sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Royal College of Surgeons mengungkapkan bahwa data jumlah balita yang memiliki gigi busuk telah dihapus.

Nicole Sturzenbaum dari Toothbeary, praktik gigi pribadi untuk anak-anak di Twickenham, London Barat, mengatakan bahwa makanan ringan berupa buah kering adalah mimpi buruk bagi anak-anak. “Camilan buah kering pasti berkontribusi terhadap masalah gigi busuk. Terutama di kalangan orangtua yang sadar kesehatan dan ingin memberi anak mereka makanan yang sehat seperti buah kering,”ujar Sturzenbaum.

Dalam kurun waktu sepuluh tahun, masalah gigi busuk di kalangan anak-anak pra sekolah melonjak hingga 24%. Tahun lalu saja tercatat 47 bayi di bawah usia satu tahun gigi susunya yang baru tumbuh telah dicabut. Sementara menurut salah satu survey, sepertiga anak di bawah sepuluh tahun setiap hari makan junk food.

Buah kering mengandung lebih banyak gula daripada beberapa coklat. Misalnya, jeruk rata-rata mengandung gula 23 g dan pisang kecil mengandung 17g. Kandungan gula keduanya lebih banyak dibanding satu kotak coklat kecil yang hanya mengandung 10,8g gula. Buah kering lebih bisa merusak gigi karena cenderung menempel pada gigi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini