Image

Menyiasati Beri Hadiah Lebaran untuk Mertua yang Tak Mau Diberi Uang

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 14:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 20 196 1720600 menyiasati-beri-hadiah-lebaran-untuk-mertua-yang-tak-mau-diberi-uang-PiBHtVDJzJ.jpg Ilustrasi (Foto: Italianregionalfood)

LEBARAN identik dengan memberikan hadiah kepada keluarga. Mulai dari memberi hadiah kepada orangtua hingga mertua.

Hadiah yang bisa diberikan pun beragam. Baik berupa uang tunai maupun berupa barang-barang tertentu. Meskipun lebih banyak orang yang senang memberikan uang tunai kepada mertua.

Namun terkadang memberi uang kepada mertua yang hidup berkecukupan pun membuahkan dilema. Bagaimana tidak, uang yang kita berikan mungkin tidak begitu berarti untuk mereka yang hidup serba cukup.

Namun Psikolog Ajeng Raviando berpendapat lain. Menurutnya, Anda bisa memberi hadiah Lebaran dengan mengalokasikan uang pada barang-barang.

“Pasti kalau Lebaran pengeluaran cukup banyak. Kalau memang dirasa uang tidak terlalu butuh, tidak apa-apa bisa dibelikan sesuatu yang lain sesuai kebutuhan Lebaran. Atau bisa juga dibelikan makanan, kebanyakan orang membelikan makanan,” jelas Ajeng saat dihubungi Okezone melalui sambungan telefon, Senin 19 Juni 2017.

Meski terlihat hidup berkecukupan, menurut Ajeng, seorang mertua di hari Lebaran tentu akan memiliki banyak kebutuhan. Sehingga Anda bisa memberikan hadiah Lebaran yang sesuai dengan kebutuhan mertua.

Anda bisa menanyakannya langsung kepada mertua tentang apa yang dibutuhkan. Karena bagaimanapun juga, bukan seberapa besar Anda memberi orangtua, tetapi niat Andalah yang lebih penting dari semua itu.

“Mertua 'kan butuh menjamu orang di rumah, tanya saja butuh apa. Misalnya menyumbang makanan apa. Sesuaikan dengan kebutuhan. Walaupun memang tidak butuh, mereka akan senang untuk niatan Anda akan membantu,” pungkas Ajeng.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini